DP3AP2KB dan Dompet Duafa Sosialisasi Pola Asuh Anak - Kabar Bima

DP3AP2KB dan Dompet Duafa Sosialisasi Pola Asuh Anak

Bima, KB.- DP3AP2KB  melalui Bidang Perlindungan Anak melaksanakan kegiatan Sosialisasi Parenting (Pola Asuh Anak) yang berkolaborasi  dengan Dompet Duafa, guna mewujudkan Kabupaten Bima Literasi dan Kabupaten Bima Layak Anak. Kegiatan itu berlangsung di MIS Tonggorisa Kecamatan Palibelo, Senin, (04/02/2019).
Foto Bersama Usai Kegiatan Sosialisasi.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh puluhan peserta yang merupakan orang tua siswa MIS Tonggorisa.

Neneng Sri Fardilah dari dompet Duafa memberikan buku pendampingan kepada siswa untuk mengontrol kegiatan siswa di rumah. Isinya antara lain, Indentitasa siswa, Alamat, No Hp Orang Tua, Kegiatan dirumah, jam berapa belajar, jam sholat 5 waktu, jam mengaji, bermain waktu tidur dan lainnya. 

"Itu semua harus dikontrol oleh orang tua," ujar Neneng.

Kabid Perlindungan Anak, Hj. Siti Romlah menjelaskan,  peran orang tua sangat penting untuk mendampingi putra putrinya di luar rumah. Karena di sekolah waktu bersama guru cuma 7 jam.  Selebihnya yang mengasuh / mendidik di lingkungan rumah adalah orang tua.

"Diharapkan kepada orang tua, untuk bisa menjadi teman, tempat curhat, tempat perlindungan, dan bisa mendampingi anaknya di rumah dalam belajar,"harapnya.

"Anak tidak boleh dimarahi, disalahkan, apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan terhadap mereka. Karena, akan terekam di otaknya dan diingat sampai dewasa. Anak harus mempunyai impian, cita-cita dan orang tua yang mengarahkannya," jelas Umi Romlah.

Lanjutnya, untuk menjadi sekolah literasi dan sekolah ramah anak, bapak dan ibu guru harus memenuhi beberapa indikator, diantaranya, ada perpustakaan untuk tempat baca waktu luang atau jam istirahat. Ada kantin yang bersih dan sehat, tempat bermain anak yang aman termasuk tanaman dan halaman sekolah yang asri.

Sementara Kepala MIS Tonggorisa,  Ismail SPD merasa senang dengan adanya sosialisasi tersebut dan mau dibina lebih lanjut serta mengharapkan ada kegiatan lanjutan. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.