Lembidara Gelar Coffee Morning - Kabar Bima

Lembidara Gelar Coffee Morning

Kota Bima, KB.- Lembaga Bina Damai Resolusi Agama (Lembidara) Bima bekerja sama dengan Pusat Paramadina Jakarta, Selasa (12/02/2019) pagi menggelar kegiatan coffee morning dengan tema "Menolak Hasutan Kebencian".

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Kemenag Kota Bima dan diikuti oleh langsung oleh Direktur Pusat Paramadina Jakarta Iksan Ali Fauzi, Polres, Kodim, Kemenag, Akademisi, Lintas Agama, Ormas dan Karang Taruna.

Pendiri Lembidara Bima Sudirman H. Maka dalam laporannya mengungkapkan, bahwa Lembidara ini berdiri belum sebulan lamannya. Namun hari ini sudah mulai melaksanakan kegiatan.

Dikatakannya, pendiri beserta pengurus yang ada di Lembidara ini merupakan eks FKUB Kota Bima. Namun, terbentuknya lembaga ini bukan atas kebencian dan tandingan dari FKUB.

"Tetapi kami berprinsip memiliki misi yang sama yaitu peradaban manusia dan keseimbangan alam. Ketika kami tidak di FKUB bukan berarti kami tidak melakukan apa-apa," jelas Sudirman.

Adapun maksud didirikannya lembaga ini, yaitu sebagai sarana berpartisipasi dalam memberikan masukan dari kajian strategis untuk proses pembangunan yang sedang digalakkan oleh pemerintah diberbagai bidang kehidupan agama dan sosial dalam menggali dan mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM).

"Tujuannya untuk membangun bina damai dalam kerukunan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Lembidara Bima H. Eka Iskandar Z, M.Si mengungkapkan, Lembidara ini akan bergerak di dua wilayah yaitu di Kota dan Kabupaten Bima. Untuk wilayah Kota sudah ada dukungan dari Polres Bima Kota dan Kodim 1608 Bima. Sementara di Kabupaten belum ada koordinasi dengan Polres Bima.

Namun, sebagian wilayah Kabupaten Bima tetap akan menjadi jangkauan Lembidara. Yaitu kecamatan-kecamatan yang masuk dalam wilayah hukum Polres Bima Kota seperti Ambalawi, Wera, Sape, Lambu, Wawo, Langgudu dan Lambitu. 

Untuk diwilayah Kabupaten kata mantan Ketua FKUB Kota Bima ini, Lembidara akan membawa konsep Bima RAMAH. 

Selama ini sambung dia, beberapa kalangan hanya memprotes dan menuntut terwujudnya Bima RAMAH. Sementara yang mengambil bagian untuk menyukseskan Bima RAMAH hanya sebagian kecil saja.

"Kami dari Lembidara akan mengambil bagian untuk menyoalisasikan Bima RAMAH tersebut," tutur Eka.(KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.