Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak menuju Kabupaten Layak Anak - Kabar Bima

Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak menuju Kabupaten Layak Anak

Bima, KB.- Hari Rabu (20/02/2019) kemarin, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Bima, melalui Bidang Perlindungan Anak, menggelar kegiatan Sosialisasi Puskesmas Ramah Anak menuju Kabupaten Layak Anak.

Kegiatan tersebut dihadiri Kepala Puskesmas se Kabupaten Bima, yang bertempat di Gedung PKK Kabupaten Bima. Dalam pertemuan itu, hadir juga Ketua LPA Hj. Rostiati H Dalan M Nor.

Staf Ahli yang mewakili Bupati dalam sambutannya menyampaikan, dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya pada anak harus memperhatikan standar pelayanan dan kak anak. " Sesuai undang-undang No 23 tahun 2009 dan perubahannya No 24 tahun 2014, pemerintah bertanggung jawab atas pemenuhan hak anak," ujar Tajudin.

"Puskesmas juga berperan penting dalam memberikan perhatian terhadap keluarga,"tambahnya.

Kepala DP3AP2KB, Drs. Aris Gunawan dalam sambutannya menyatakan, puskesmas bukan hanya sebagai tempat pengobatan saja, tetapi sebagai wisata bagi anak yang mau berobat, sehingga anak tidak takut lagi sama petugas. 

"Diharapkan sarana dan tempat peĺayanan di puskesmas ada tempat bermain, kamar pemeriksaan ada gambar ramah anak dan begitu juga di posyandu harus ramah anak," pintanya.

Kepala Bappeda Kabupaten Bima, H.Muzakir M.sc saat menyampaikan materi mengatakan, Kabupaten  Kabupaten Layak Anak (KLA) ada 5 klaster. Di klaster ke 4 adalah kesehatan dan kesejahteraan. Pusksmas ramah anak termasuk penilaian indikatornya. "Penganggaran untuk KLA sudah ada dalam regulasi, sehingga puskesmas harus melakaksanakan pelayanan yang ramah anak,"terangnya.

Kabid Perlindungan Anak, Hj Siti Romlah S.Sos MM diakhir pertemuan membuat komitmen bersama seluruh peserta, bahwa semua Puskesmas di Kabupaten Bima akan menjadi Puskesmas Ramah Anak menuju Kabupaten Layak Anak. (KB-01)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.