HUT Pol PP ke 69 Digelar di Kota Bima, Sekda NTB Jadi Irup - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

HUT Pol PP ke 69 Digelar di Kota Bima, Sekda NTB Jadi Irup

Kota Bima, KB.- Ucapara pemperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Pol PP ke-69, HUT Damkar ke- 100 dan HUT Satlinmas ke-57 tahun se provinsi NTB dihelat di Lapangan Sarasuba Kota Bima pada Senin (25/03/2019) pagi.

Apel gabungan tersebut bertemakan " Peningkatan Trantibun Linmas melalui Optimalisasi Peran Satpol PP dan Satlinmas Guna Menyukseskan Pemilu Serentak 2019".

Apel tersebut diikuti Walikota Bima H. Muhammad Lutfi, SE, Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan , SH, Pimpinan DPRD Kota Bima, Kapolres Bima Kota, Kodim 1608/Bima, mantan PJ Walikota Bima, Sekda Sumbawa Barat, Kepala Satpol PP se-NTB, Kepala OPD Kota/Kabuapten Bima, serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Sedangkan Inspektur Upacara (Irup) dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi NTB Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc., Ph. D, komandan upacara Sekretaris Pol PP Kota Bima Syarif Rustaman, MAP. Pasukan apel adalah personil gabungan yang terdiri dari Satpol PP Kota/Kabupaten se-NTB, TNI, Polri, Linmas, Dishub, BPBD yang diwakili TSBK, Menwa, Damkar, KNPI dan Pramuka.


Gubernur NTB, yang diwakili oleh Sekda Provinsi NTB Ir. H. Rosiady H. Sayuti, M. Sc., Ph. D dalam sambutannya mengucapkan, selamat HUT ke-69 kepada Satpol PP dan HUT ke-57 kepada Satlinmas sekaligus mengapresiasi dedikasi dan pengabdian mereka dalam melindungi dan memberi pelayanan yang tulus kepada masyarakat NTB.


Selain itu, ia juga menggajak seluruh masyarakat NTB untuk lebih meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa, menjunjung tinggi ideologi Pancasila, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara serta mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan dalam mewujudkan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat.

"Peran Satpol PP dan Satlinmas tak sekedar menjaga kota dan poskamling yang bertindak pasif, tetapi juga berperan aktif dalam proses pembangunan, melindungi hasil pembangunan, memberikan perlindungan masyarakat, termasuk terlibat aktif dalam mensukseskan agenda nasional Pemilu serentak bulan April mendatang,"ucapnya.

Lebih lanjut, Sekda mengajak untuk bersama-sama menjaga kualitas penyelenggaraan Pemilu agar berjalan sesuai dengan kaidah-kaidah demokrasi, luber dan jurdil serta bermartabat, "Mari menjadi barisan terdepan dalam melawan racun demokrasi yaitu, politik uang, politisasi SARA, penyebaran ujaran kebencian, fitnah dan hoaks," ajaknya.

Sekda juga menghimbau, kepada para Kepala Daerah dan para pemangku kepentingan untuk melakukan penguatan penyelenggaraan ketenteraman dan ketertiban umum serta perlindungan masyarakat di daerah masing-masing melalui langkah-langkah di antaranya, melakukan penguatan kapasitas kelembagaan penyelenggaraan sub urusan ketenteraman dan ketertiban umum serta linmas, melakukan penguatan kapasitas sumber daya aparatur secara kuantitas dan kualitas, juga melakukan penguatan kapasitas sarana dan prasarana penunjang dalam pelaksaan tugas dan fungsi, serta alokasi anggaran yang memadai bagi pencapaian target standar pelayanan minimal dengan mempedomani Permendagri yang berkaitan dengan penyusunan RKPD dan APBD.

Pada akhir sambutan, Sekda mengucapkan selamat dan apresiasi atas terpilihnya Kasat Pol PP provinsi NTB secara aklamasi sebagai Ketua Asosiasi Polisi Pamong Praja Seluruh Indonesia (AP31) yang menaungi Satpol PP dan Satlinmas Provinsi dan Kabupten/kota seluruh Indonesia.

Usai Apel, dilakukan pemotongan tumpeng dan pencanangan Kota Bebas Sampah (Zero Waste) oleh Sekda Provinsi NTB. Zero Waste ditandai dengan penyerahan botol minuman kepada Camat Raba, Camat Rasanae Timur, Lurah Penanae, Lurah Sarae, Ketua Tagana, Ketua TSBK, dan Ketua KNPI Kota Bima.

Apel dimeriahkan pula oleh sejumlah atraksi dari Sat Pol PP, antara lain atraksi beladiri dari kesatuan Pol PP Kota dan Kabupaten Bima, pasukan anti huru hara dari Sat Pol PP Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), serta ditutup dengan atraksi terkahir dari anggota Satpol PP Kabupaten Dompu. (KB-04)



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.