Imigrasi Bima Gelar Rakor Timpora - Kabar Bima

Imigrasi Bima Gelar Rakor Timpora

Kota Bima, KB.- Kantor Imigrasi Kelas III Non TPI Bima Rabu, (20/03/2019) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) tingkat Kota Bima tahun 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula Hotel La Ila Kota Bima, dihadiri oleh Kepala Kesbangpol Kota Bima, Disdukcapil, Dinas Parawisata, PTSP, Disnaker, Intel Polres Bima Kota, Intel Kodim 1608 Bima, Intel Kejari Raba Bima, BAIS Wilayah NTB, Intel Kodam IX Udayana, Intel Korem 162 WB, KPP Bea dan Cuaki Bima, Kemenag Kota Bima, KPP Pratama Raba Bima, BIN Daerah Bima, BNNK Bima, KSOP.

Kepala Imigarsi Dedy, SH yang diwakili oleh Kasbseksi Teknologi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian (TI-Inteldakim), Ardiansyah, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Timpora yang dibentuk ini atas amanat dari Permenkumham Nomor 50 Tahun 2016. 

"Tim yang dibentuk ini terdiri dari instansi dan/atau lembaga pemerintah yang mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan Orang Asing diwilyah Kota Bima,"ujarnya. 

Lanjut dia, Pembentukan Timpora ini dimaksudkan untuk mewujudkan pengawasan keimigrasian yang terkoordinasi dan menyeluruh terhadap keberadaan dan kegiatan Orang Asing di Wilayah Indonesia. 

"Pelaksanaan Rakor ini dimaksudkan untuk memperkuat fungsi koordinasi dan pertukaraan informasi kita sebagai sesama instansi pemerintah anggota Timpora Kota Bima, untuk tetap menjaga dan memastikan kedaulatan negara di Kota Bima dalam hal yang berkaitan dengan aktivitas orang asing," tutur Ardi sapaan akrab.

Pada kesempatan itu dirinya juga menyanpikan beberapa aktivitas Timpora tingkat Kota Bima pada tahun 2018 yang telah kita laksanakan bersama-sama. 

"Jadi dalam kesempatan ini kami pun ingin mengajak Timpora untuk terus bekerjasama meningkatkan pengawasan kita terhadap aktivitas Warga Negara Asing (WNA), seiring dengan meningkatnya aktivitas orang asing di wilayah Kota Bima ini," ucapnya.

Ardi berharap, kepada Timpora, agar bisa memberikan masukan dan informasi terkait dengan aktivitas yang akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2019 ini, sehingga pengawasan terhadap orang asing di wilayah Kota Bima ini bisa menjadi lebih efektif dan tepat sasaran.

Kata Ardi, pada Rakor kemarin menghasikan beberapa poin penting yaitu, menekankan pentingnya menjaga situasi dan selalu berkoordinasi mengenai keberdaan Orang Asing diwilayah Kota Bima, perlunya koordinasi diluar rapat dengan pihak-pihak terkait, yang menunjang kinerja Kantor Imigrasi, seperti Intel Polres, Intel Kodim, dan lain-lain untuk memahami dan menguasai masalah Orang Asing di Kota Bima.

"Menekankan sinkronisasi data antara Disdukcaipil dengan Imigrasi mengenai keberadaan Orang Asing di Kota Bima. perlunya “ngopi bareng” / silaturahmi antar sesama anggota Timpora untuk berkoordinasi dalam suasana yang lebh santai," pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.