Jelang HUT Kota Bima, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Berbagai Lomba - Kabar Bima

Jelang HUT Kota Bima, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Gelar Berbagai Lomba

Kota Bima, KB.- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Bima yang ke-17 tahun 2019 yang jatuh pada tanggal 10 April mendatang, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Bima menggelar berbagai perlombaan bagi pelajar, yakni lomba bercerita bagi siswa SMP/MI, lomba duta baca bagi siswa SMA/SMK, serta lomba menggambar dan mewarnai bagi siswa TK/PAUD se-Kota Bima.

Perlombaan dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Walikota Bidang Perekonomian dan Keuangan Drs. M. Saleh. Hadir para Kepala sekolah, guru, orangtua dan wali murid, serta perwakilan Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Bima.

Kepala DPAD Kota Bima Drs. H. Mahfud menyebutkan, kegiatan ini sudah menjadi kegiatan rutin tahunan setiap peringatan HUT Kota Bima dan bermanfaat bagi pengembangan wawasan anak-anak kita sebagai investasi pembangunan dunia pendidikan Kota Bima kelak.

“Selain memeriahkan HUT Kota Bima, tujuan kegiatan ini antara lain menumbuhkembangkan minat dan budaya baca dikalangan pelajar, membiasakan siswa berkunjung ke perpustakaan, serta memberikan tempat bagi siswa untuk mengesplorasi skill/kemampuan yang dimilikinya," tuturnya.

Kata dia, Peserta lomba duta baca sebanyak 12 orang, peserta lomba bercerita 25 orang, dan peserta lomba menggambar dan mewarnai sebanyak 52 orang.

"Kegiatan perlombaan dilaksanakan selama 1 hari di dua tempat yakni lomba duta baca, menggambar dan mewarnai di Paruga Nae, dan lomba bercerita bertempat di kantor DPAD Kota Bima," pungkasnya.

Sementara itu Drs. M. Saleh menyampaikan, apresiasi karena kegiatan ini bisa menjadi salah satu upaya pembentukan karakter anak-anak. Misalnya melalui kegiatan mewarnai gambar, para anak didik TK/PAUD dapat belajar mengkreasi sekaligus mengekspresikan ide dan emosi mereka sambil bermain, melalui goresan warna-warni pada selembar kertas bergambar.

“Lomba mewarnai gambar merupakan salah satu kegiatan untuk membangun kreativitas anak-anak dan bentuk upaya nyata kita untuk menggali potensi yang ada pada anak. Memilih dan menggoreskan warna merupakan petualangan bagi mereka, banyak hal baru yang akan mereka dapatkan dan itu merupakan pengalaman batin yang tak terbayar oleh uang,” katanya.

Demikian pula dengan lomba bercerita dan duta baca, sangat berperan dalam pembentukan karakter. Kaum remaja diarahkan untuk menyibukkan dirinya dengan kegiatan yang positif seperti membaca buku, daripada terseret dalam pergaulan yang tidak sehat. 

Staf Ahli berharap kegiatan semacam ini dapat terus ditingkatkan pelaksanaannya, baik dari segi kualitas pelaksanaan maupun cakupan peserta lomba. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.