KIM Kabupaten Bima, Ikut Pelatihan Pasar Kampung Online - Kabar Bima

KIM Kabupaten Bima, Ikut Pelatihan Pasar Kampung Online

Bima, KB.- Sejumlah peserta Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) di berbagai Kecamatan se-Kabupaten Bima, ikut pelatihan Pasar Kampung Online. Kegiata itu merupakan, dorongan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dengan memanfaatkan potensi-potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada.

Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Kominfotik itu, juga membahas bagaimana cara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), baik kelompok atau individu. Kegiatan itu, dilakasanakan di Gedung PKK Kabupaten Bima, Senin (25/03/2019). 

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Bima, H. Abdul Wahab, menyampaikan, pada proses peningkatan kapasitas SDM tersebut, merupakan kegiatan yang sangat penting. Dalam hal itu, untuk memahami perkembangan dan kemajuan teknologi, serta mampu menjawab kebutuhan jaman.

"Ini merupakan kegiatan yang sangat penting. Terlebih, teman-teman KIM juga harus tetap memperbaiki pengembangan potensi, baik individu maupun kelompok," kata Wahab.

 Dia juga mengatakan, bahwa Pemda Kabupaten Bima, dalam waktu dekat akan mencanangkan program Kampung Literasi.  Jadi, dengan adanya program itu, KIM dituntut untuk bersama-sama dalam mendukung gerakan perubahan itu.

"Kita Pemda Kabupaten Bima, sedang memproses pencanangan kampung literasi. Karena itu, teman-teman KIM juga harus sinergi dalam menjemput langkah baru ini," sebutnya.

Harapannya, kedepan Diskominfotik NTB, tetap mengawal dan memberikan pelatihan-pelatihan untuk teman-teman KIM di Kabupaten Bima. "Semoga Diskominfotik Provinsi NTB, akan tetap seperti ini kedepannya. Memberikan ilmu-ilmu baru untuk meningkatkan potensi KIM yang ada di Kabupaten Bima," harapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Provinsi NTB, Fairuz Abadi, mengatakan, aktifitas demikian, merupakan kegiatan yang dapat mewujudkan ekonomi-ekonmi kreatif. Terlebih, dalam dunia bisnis online.

"Ini kalau dalam bahasa IT adalah kegiatan "StartUp" jadi kegiatan yang dapat membantu untuk menghadirkan pelaku-pelaku ekonomi kreatif. Dan kini, merupakan kegiatan yang sangat diperhitungkan," katanya.

Kehadiran Kampung Media atau yang kita kenal dengan sebutan KIM sekarang ini, telah merubah keadaan yang sebelumnya, merupakan Desa-desa tertutup. Namun, kini menjadi Desa-desa yang menulis.

"Karena melalui Website KIM kita dapat mengakses informasi. Baik itu informasi soal Desa, kondisi daerah dan sebagainya," tutupnya.

Untuk diketahui, kegiatan itu dihadiri beberapa elemen penting. Diantaranya, Kepala Dinas Kominfostik kabupaten Bima H.Abdul Wahab Usman, SH, M. Si, Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik Provinsi NTB,  Fairuz Abadi. Sedangkan yang menjadi Narasumber adalah seorang Master Hukum Bisnis juga pengusaha sukses, berasal dari Kabupaten Dompu Kecamatan Kilo, Nasrin. Prodaknya yaitu, diantaranya Teh Ajaib ( bahan baku berasal dari Daun Kelor) , ada juga Jamu Moringa dan lain-lain. (KB-07).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.