Lembidara Gelar Coffee Morning Relaksasi Sosial Jelang Pilpres - Kabar Bima

Lembidara Gelar Coffee Morning Relaksasi Sosial Jelang Pilpres

Kota Bima, KB.- Lembaga Bina Damai Resolusi Agama (Lembidara), Senin (18/03/2019) pagi menggelar kegiatan Coffee Morning tentang Relaksasi Sosial Menjelang Pemilu Pilres 2019.

Kegiatan tersebut berlangsung di Aula FKUB Kota Bima, dan dihadiri oleh Kapolres Bima Kota atau pejabat yang mewakili, Dandim 1608 Bima atau pejabat yang mewakili, Jajaran Kemenag Kota Bima, beserta Tokoh lintas Agama.

Wakil Ketua Lembidara Taufikurahman M.Pd, mengatakan, Coffee Morning yang digelar hari ini tidak lain untuk menyikapi isu-isu yang berkembang di masyarakat saat ini. Baik itu isu yang ada di dalam negeri (Nasional) maupun isu yang ada di luar negeri (Internasional).

Isu-isu tersebut antara lain yaitu, tentang suhu politik pilpres, penembakan yang terjadi di Selandia Baru (New Zealand), dan isu yang terjadi di Palestina tentang tindak kekerasan terhadap warga muslim.

"Terhadap isu tersebut, sikap kita sebagai Lembaga Bina Damai Resolusi Agama mengutuk tindakan yang bersifat kekerasan. Baik itu, kekerasan secara individu maupu kelompok. Karena tindakan kekerasan itu bisa membuat masyarakat merasa tidak nyaman melaksanakan ibadahnya," ujarnya.

"Untuk itu kita berharap, agar hal ini tidak terjadi lagi di seluruh wilayah dunia ini. Dan jangan sampai peristiwa ini memicu sikap balas dendam dari pihak-pihak tersentu, itu yang kita perlu antisipasi," katanya.

Dan Langkah antisipasi yang dilakukan Lembidara yaitu, mendingakan isu dengan melakukan kordinasi dengan semua pihak, sehingga persoalan itu tidak mencuat dan membias ke hal-hal lain. "Intinya peristiwa yang terjadi, tidak ada kaitanya dengan pemilu di Indonesia," yakinnya.

Sementara itu Ketua Lembidara H.Eka Iskandar M.Si mengatakan, tujuan dari kegiatan ini yaitu, sebagai batu loncatan awal Lembidara dalam rangka merelaksasi Pilpres 2019. Karena lanjut dia, sebagian masyarakat berasumsi bahwa suhu politik Indonesia menjelang Pilpres mulai memanas, dan untuk itu, Kota Bima butuh penyegaran dengan nuansa yang sejuk guna bina damai bagi seluruh umat.

"Untuk menyegarkan suasana dan menyejukan hati masyarakat, Lembidara mengadakan Coffee Morning dan relaksasi sosial menjelang pemilu Pilpres 2019," tuturnya.

H. Eka menambahkan, bahwa  kegiatan Coffee Morning hari ini,  menghasilkan beberapa poin penting.  Pertama datang dari Ketua Forum Umat Islam (FUI) Bima Ustad Asikin.

"Umat tidak boleh memerangi orang diluar islam selama mereka belum melakukan dua hal. Dua hal dimaksud yaitu, mengusir dari wilayah kehidupan dan Kedua, mengajak orang masuk agama mereka," kutibnya dari bahasa ustad Asikin.

Lanjut H. Eka, untuk menyikapi kasus New Zealand, FUI pun Rabu mendatang akan mengundang seluruh umat islam Kota Bima untuk mengadakan sholat Dzuhur berjasama di masjid Agung Al-Muwahidin Bima dan dilanjutan dengan solat gaib untuk ungkapan rasa belasungkawah terhadapat korban New Zealand.

"Sikap yang dilakukan oleh FUI ini, umat islam Kota Bima harus mendukung dan mengaminkannya," harapnya.

Poin kedua datang dari Brigader Masjid Burhanudin, SP. "Biarkan kami umat islam mengekspresikan rasa duka ini, dan untuk umat diluar islam diminta agar tidak mengusiknya," katanya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.