Sekda Minta Pedagang Jaga Kebersihan Pasar Ramadhan - Kabar Bima

Sekda Minta Pedagang Jaga Kebersihan Pasar Ramadhan

Kota Bima, KB.- Dinas Koperindag Kota Bima menggelar acara Pasar Ramadhan 1440 H/2019 Masehi. Pembukaan kegiatan pasar Ramadhan itu dilaksanakan pada Senin, (06/05/2019) yang bertempat di Depan musium Asi Mbojo. Pembukaan pasar ramadhan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kota Bima Drs H Mukhtar MH. 

Hadir dalam kegiatan ini Unsur Pimpinan DPRD Kota Bima Alfian Indrawirawan S.Adm, Unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Pimpinan BUMN/BUMD, Ketua TP PKK kota Bima Hj Ellya HM Lutfi, Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan dan Pejabat Lingkup Pemerintah Kota Bima dalam berbagai tingkatan beserta Ketua dan anggota Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Bima.

Laporan Ketua panitia yang disampaikan oleh Kepala Dinas Koperindag Kota Bima selaku panitia penyelenggara Nurjanah, S.Sos menyatakan bahwa tujuan dari pasar ramadhan ini adalah untuk melayani masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman siap saji selama bulan suci ramadhan dan untuk meningkatkan pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjual makanan dan minuman siap saji. 

"Jumlah pedagang yang turut berpartisipasi dalam pasar Ramadhan ini sebanyak 150 orang," ujarnya.

Dikatakanya, bahwa Pasar Ramadhan ini akan berlangsung selama 1 bulan. Dimulai dari tanggal 06 Mei-04 Juni 2019.

Sementara itu, Walikota Bima yang diwakili oleh Sekda Kota Bima Drs.H.Muhtar Landa mengucapkan, Selamat menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan 1440 H/ 2019 M kepada seluruh masyarakat. 

"Selamat Menjalankan Ibadah Puasa, Mohon Maaf Lahir dan Batin, semoga di bulan suci ramadhan ini kita semua bisa membangun ketakwaan kepada Allah SWT juga bisa memperkuat silaturahmi dan ukhuwah islamiyah di antara kita semua", ucap Sekda.

Pada kesempatan tersebut sekda juga mengajak, seluruh masyarakat untuk saling menghormati dan menjauhkan diri dari fitnah dan ujaran kebencian yang tersebar di media sosial dengan berbagai berita-berita yang tidak diketahui kebenarannya. Masyarakat juga harus mau bekerja sama dengan TNI, POLRI dan Pemerintah dalam berbagai upaya mewujudkan lingkungan yang tertib aman dan kondusif. 

"Jika ada tindakan rajia atau operasi gabungan yang di ambil aparat sebagai langkah pencegahan, kita sebagai masyarakat hendaknya mematuhi dan bersikap kooperatif," katanya.

Sekda juga mengharapkan, agar masyarakat dapat memperkuat kontrol sosial, jika ada hal-hal yang meresahkan segera laporkan kepada ketua RT/RW, Lurah, Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

"Mari kita jaga diri kita agar tidak mudah terprovokasi dan terus memperkokoh rasa persaudaraan diantara berbagai elemen masyarakat," pesannya. 

Diakhir sambutan, diapresiasinya Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI) Kota Bima yang terus bekerja sama dari tahun ke tahun dengan instansi terkait untuk mensukseskan kegiatan pasar ramadhan. Diharapkannya pula agar para pedagang dapat menjaga kebersihan tempat berjualan masing-masing dan menjaga higienitas dan kualitas makanan yang dijual serta menjaga keamanan dan ketertiban selama pasar Ramadhan berlangsung.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita oleh Ketua TP PKK Kota Bima Hj Ellya Muhammad Lutfi didampingi oleh Ketua GOW Kota Bima Jumriah Feri Sofiyan, Sekretaris Daerah Kota Bima, Kepala Koperindag Kota Bima dan disaksikan oleh para undangan yang hadir. Usai pengguntingan pita dilanjutkan dengan peninjauan pasar Ramadhan. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.