Desa Dore Jadi Percontohan Kampung KB di Kabupaten Bima - Kabar Bima

Desa Dore Jadi Percontohan Kampung KB di Kabupaten Bima

Bima, KB.- Dusun Nggaro O'o, Desa Dore, Kecamatan Palibelo, Kabupaten Bima, merupakan salah satu wilayah, bisa dikatakan daerah terpencil. Salah satu dusun dengan jumlah penduduk sekitar 136 Kartu Keluarga (KK) itu, telah ditetapkan sebagai Kampung KB percontohan sejak November 2017.

Camat Palibelo, Drs. Darwis, mengungkapkan, kegiatan masyarakat pada kampung KB, selalu berkelanjutan dan mempunyai target kemajuan yang signifikan. Terlebih, pemerintah setempat sangat antusias dalam perkembangan kampung KB percontohan tersebut.

"Saya sebagai kepala wilayah sangat mendukung dengan kegiatan-kegiatan warga Kampung KB ini. Selain itu, mereka juga sangat aktif dalam membangun lintas koordinasi dengan pemerintah," ungkapnya pada wartawan, Jumaat (28/06/2019).

Selain itu kata dia, pemerintah setempat juga sangat merespon apa yang diinginkan warga setempat. Baik itu, soal pembangunan fisik atau pun non fisik.

"Pemerintah desa juga sangat antusias dari setiap masukan-masukan. Baik itu melalui warga disini, maupun melalui forum-forum tingkat kecamatan dan desa. Bahkan melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Bima," sebutnya.

Ia menjelaskan, bahwa Kampung KB adalah kampung yang dimulai dengan perencanaan. Artinya, bukan sesuatu yang sudah instan adanya.

"Kampung KB percontohan ini adalah kampung yang dirancang dan direncanakan untuk menjadi contoh bagi yang lain. Dan memiliki daya saing serta tingkat kemajuan yang berbeda dari yang lainnya," tuturnya.

Sementara itu, pengelola Kampung KB, Kecamatan Palibelo, Amiruddin S.Ag, menyampaikan pada awak media, melalui pencanangan sebagai Kampung KB percontohan, dusun tersebut memiliki perkembangan baik.

"Alhamdulillah sejak dua tahun lalu dicanangkan Bupati Bima sebagai daerah percontohan Kampung KB khusus di Kabupaten Bima, dusun Nggaro O'o mempunyai kemajuan yang sangat luarbiasa," akunya seraya bersyukur.

Kata dia, perubahan dusun tersebut merupakan sebuah harapan bersama. Baik itu, tingkat Pemerintah Daerah Kabupaten Bima, juga pemerintah Desa Dore khususnya.

"Perubahan dusun ini atau Kampung KB percontohan ini, merupakan keberhasilan semua elemen yang ada. Bisa kita lihat, bahwa pembangunan fisik yang digelontorkan disini sangat luarbiasa, teruatama pagar-pagar setiap rumah yang ada sudah kita pagar semua. Dan ini semua berkat dorongan anggaran dari pemrintah kita," bebernya.

Diketahui saat itu, usai memberikan arahan pada warga setempat, pihak Provinsi NTB dan pemerintah setempat berjalan mengelilingi perkampungan tersebut. Untuk memastikan perkembangan dan kemajuan yang cukup luarbiasa itu. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.