Membangun Indonesia Mulai Dari Desa - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Membangun Indonesia Mulai Dari Desa


Oleh: Harmoko 
Kita harus jujur dalam diri kita agar hidup lebih baik dan kita menjalankan hidup dengan penuh kabahagian sehinggga kehadiran kita menjadi bagian yang akan membangun Indonesia dari hal yang kecil. kalau ada orang bertanya kepada saya tentang mana yang lebih nyaman tinggal di desa atau di kota, maka secara rasional dan emisionla saya memilih untuk hidup dan tinggal di desa.

Indonesia ini kumpulan dari berbagai desa yang terbetang di berbagai pulau yang berada di bumi pertiwi tidak ada makna dan bahkan tidak ada kata Negara Indonesia kalau tidak ada pulau-pulau kecil yang bernama desa. Indonesia itu akumulasi dari berbagai pulau kecil yang tersebar di pelosok nusantara sehingga menjadi sebuah Negara yang amat kaya raya, Yaitu Indonesia. Perkotaan yang tengah ramai di bicarakan di berbagai forum mengenai tata kelola kota yang rama lingkungan dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia tapi sangat jarang kita temukan para tokoh atau ilmuan yang membicarakan masalah pembangun desa.

Di zaman informasi yang sangat transparan dan semua orang bisa mengakses informasi sebagai sebuah kebutuhan dalam kehidupan karna kebutuhan masyarakat global juga membutuhkan informasi untuk mengetahui perkembangan dan pembangunan suatu desa, daerah, provinsi dan bahkan pembangunan suatu Negara di dapatkan dengan mengakses informasi.

Pembangunan apa yang telah di kerjakan oleh pemerintah pasti akan di ketahui oleh masyarakat karna dengan akses informasi yang sangat mudah di dapatkan menjadikan masyarakat tidak bisa di bodohkan. Desa menjadi epicentrum dari lahirnya berbagai tokoh peradaban bangsa Indonesia Bung Hatta lahir di suatu daerah terpencil di Sumatra barat, Fahri Hamzah juga lahir daerah tertinggal di provinsi NTB tepatnya di desa utan Sumbawa. Meraka adalah para tokoh bangsa Indonesia yang lahir di tengah gelap malam tanpa ada lampu dan jalan raya tidak seindah sekarang. Maka desa itu adalah bagian terpenting sebuah Negara dan harus di perhatikan pembangunan apa saja yang telah di bangun di desa untuk melahirkan para tokoh peradaban bangsa Indonesia.

Maka pemerintah harus mulai berpikir secara rasional dalam mewujudkan cita-cita kemrdekaan bangsa Indonesia bahwasanya pembangunan di desa itu lebih penting dan sangat di butuhkan untuk melanjutkan kehidupan masyarakat di desa agar mereka menikmati kemrdekaan bangsa Indonesia. tidak ada namanya Indonesia kalau tidak ada Desa.

Desa dan Indonesia adalah satu kesatuan yang tidak bisa di pisahkan seperti seorang anak dengan ibu. Begitulah Indonesia dengan desa. Indonesia tidak akan pernah ada kalau ratusan, ribuan bahkan jutaan desa di Indonesia tidak ada maka Indonesia hanyalah nama belakang saja.

Maka banyak tokoh bahkan pendiri bangsa Indonesia berasal dan di besarkan di desa. Muhammad Hatta salah satu dari sekian banyak tokoh bangsa Indonesia yang berasal dari desa yang listrik saja belum ada disana. Anak-anak desa di seluruh Indonesia tidak boleh minder apalagi malu untuk berkontribusi demi kemajuan tanah kelahiran yang bernama Indonesia. kita adalah pewaris yang sah negeri ini kitalah yang mengetahui strategi membangun Indonesia menjadi Negara yang emas di 2045. (*)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.