Tiga Desa di Kabupaten Bima, Kembali Dilanda Kekeringan - Kabar Bima

Tiga Desa di Kabupaten Bima, Kembali Dilanda Kekeringan

Bima, KB.- Ribuan jiwa di Kabupaten Bima, kini mengalami kesulitan air bersih. Untuk membantu warga yang terdampak, BPBD setempat mulai mendistribusikan air bersih sejak awal musim kemarau 2019.

Kasubid Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kabupaten Bima, Bambang Hermawan mengatakan, bantuan air bersih itu dikirim ke tiga Desa yang berada di tiga Kecamatan. Tiga desa tersebut meliputi Desa Belo, Kalampa dan Desa Bajo.

“Untuk sementara ini, ada tiga desa yang menjadi perhatian kami di BPBD. Langkah yang kita ambil, dimasing-masing titik kita droping air bersih dengan mobil tangki sebanyak 5.000 liter,” kata Bambang kepada wartawan, Kamis (16/06/2019).

Menurut dia, pendistribusian air bersih dilaksanakan setelah menerima laporan dari Desa-Desa yang terdampak kekeringan. Dia mengaku, kondisi sumber air warga sudah mulai menyusut.

"Rata-rata pemerintah desa melaporkan kekeringan, dimana sumber air dari pegunungan termasuk sumur warga mengalami penyusutan, sehingga tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari," sebutnya

Kekeringan yang melanda sebagian wilayah di daerah itu mulai dirasakan dalam bulan ini saat memasuki musim kemarau. Menyikapi kondisi tersebut, tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bima segera melakukan kaji cepat di titik-titik yang terdampak. BPBD pun sepakat mengirimkan air bersih secara bergilir.

Selain itu, elemen terkait seperti Polri juga ikut andil menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

“Dari hasil pendataan dan pemetaan kami, tiga desa yang berpotensi terjadi krisis air bersih itu memang jadi langganan kekeringan tiap tahunnya. Di wilayah itu, jumlah warga yang terdampak krisis air bersih diperkirakan mencapai hingga ribuan jiwa," tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.