Diskusi Publik Anti Radikalisme dan Terorisme, Ketua Lembidara Jadi Narasumber - Kabar Bima

Diskusi Publik Anti Radikalisme dan Terorisme, Ketua Lembidara Jadi Narasumber

Kota Bima, KB.- Kementerian Kominfo RI menggelar diskusi publik dalam rangka sosialisasi anti radikalisme dan terorisme di Kota Bima, yang berlangsung digedung Seni Budaya Kota Bima Selasa (16/07/2019).

Diskusi publik yang mengangkat tema "rajut toleransi perkuat NKRI" ini menghadirkan beberapa narasumber, salah satunya ketua Lembaga Bina Damai Resolusi Agama (Lembidara) Bima H. Eka Iskandar Zurkarnain, M.Si.

Dalam hal ini, Eka memaparkan tentang radikalisme di Bima. Kata dia, perkembangan ekstremisme kekerasan di Bima adalah masalah seriu. Akarnya sudah ada dalam sejarah Bima yang ditunjang oleh beberapa alasan pendorong dan pendukung.

Ia menjelaskan, dalam interaksinya dengan kelompok ekstremis keras maupun lingkungan sosial politik yang lebih luas, lingkungan radikal di Bima tidak hanya mendukung, tetapi juga mengekang ekstremisme kekerasan.

Hal itu kata mantan ketua FKUB Kota Bima ini, harus dilakukan upaya bina damai dengan melakukan pengawasan keamanan dengan melibatkan peran TNI/Polri, Rt/Rw, peran masyarakat dan terutama peran orang tua.

Selain itu, melakukan penguatan hubungan sosial. Jadikan mereka yang paham radikalisme sebagai saudara seiman dan seagama. Jangan pernah menjauhi mereka apalagi menolak keberadaan mereka.

"Yang lebi utama lagi adalah memberi bantuan ekonomi. Masalah paham radikalisme salah satu faktornya karena tidak adanya lapangan pekerjaan," jelas Eka. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.