Ikut Pawai Budaya, Bupati Naik Benhur, Wakil Bupati Naik Kuda - Kabar Bima

Ikut Pawai Budaya, Bupati Naik Benhur, Wakil Bupati Naik Kuda

Bima, KB.- Kamis 06 Juli diselenggarakan Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Bima ke 379 tahun 2019. Pawai Budaya tersebut diikuti puluhan rombongan dari OPD, Kecamatan Hingga rombongan dari Desa. Selain itu juga ada dari Non Pemerintahan dan Paguyuban yang ikut berpartisipasi dalam pawai budaya yang digelar satu kali setahun itu.

Pada saat pawai, Bupati Bima,  Hj. Indah Dhamayanti Putri, SE, menaiki Benhur yang sudah dihias, Sementara Wakil Bupati Bima, H. Dahlan M. Noer atau akrabnya disapa Babe menunggangi Kuda menuju panggung kehormatan. 

Aksi Bupati dan Wakil Bupati tersebut menunjukan salah satu Budaya Khas Suku Mbojo  yang pada jaman dulu, masyarakat Bima Kota-Kabupaten, selalu menggunakan Kuda sebagai kendaraan tradisional dalam perjalanan jauh atau pun untuk keperluan bertani.

Selain Kuda dan Benhur, juga terdapat berbagai penampilan budaya Khas Suku Mbojo lainnya. Seperti, Atraksi tari-tari orang terdahulu yang dinilai cukup ekstream seperti "Ntumbu (Adu Kepala)"

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bima Drs. Dahlan mengatakan, pawai budaya tahun ini lebih meriah karena mengikutsertakan kendaraan hias dan atraksi seni budaya serta potensi lain dari masing-masing wilayah maupun sektor yang ada di Kabupaten Bima.

“Barisan berkuda dan benhur juga memeriahkan pawai budaya tahun ini dan sepanjang ruas jalan lebih kurang tiga km tersebut para peserta menampilkan sejumlah atraksi yang menjadi ciri khas rombongan masing-masing,” katanya.

Dijelaskannya, setelah tiba di Kantor Bupati Bima para peserta kembali diterima Bupati Bima, Wakil Bupati, Forkopimda, Ketua DPRD, Ketua Tim Penggerak PKK dan sejumlah tamu kehormatan lainnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.