Pawai Penganalan Lingkungan Sekolah Siswa SDN 02 Pakai Baju Adat - Kabar Bima

Pawai Penganalan Lingkungan Sekolah Siswa SDN 02 Pakai Baju Adat

Kota Bima, KB.- Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bima, Dr. H. Syamsuddin Rabu (17/07/2019) pagi secara resmi melepas peserta pawai pengenalan Lingkungan SDN 02 Suntu Kota Bima. 

Pawai pengenalan lingkungan sekolah tersebut, rutenya star dari sekolah dari finisnya kembali ke sekolah.

"Kita pawai jalan keliling lingkungan seketar sekolah, dan pada pawai itu peserta didik baru tidak sendiri mereka didampingi oleh orang tuanya masing-masing. Dan pawai tersebut diiringi dengan alunan musik Drum Band dari murid sekolah setempat, dan dikawal oleh mobil Patroli satlantas Polresta Bima Kota," ujar Kepala SDN 02 Kota Bima H. A.Latif, S.Pdi.

H.Latif menjelaskan, Kegiatan pengenalan lingkungan sekolah ini dilaksanakan selama 3 hari sesuai dengan ketentuan Permendikbud Nomor 20 tahun 2019, Tentang penerimaan siswa baru. 

"Pengenalan lingkungan kelas, pengenalan lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar, itu yang tertuang dalam permen," jelasnya.

Selain itu lanjut dia, siswa harus bisa beradaptasi dengan aspek keamanaan dan prasarana sekolah, dalam hal ini kepala sekolah bertanggungjawab penuh atas perencanaan dan evaluasi pengenalan lingkungan sekolah.

"Pengenalan lingkungan sekolah ini bertujuan agar peserta didikbaru bisa mengenal lebih dekat dengan diri mereka sendiri ditengah-tengah lingkungan kelas, lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar". Jelasnya.

Dikatakannya, pengenalan lingkungan sekolah sangat penting bagi peserta didikbaru, agar mereka mampu mensosialisasikan diri dan pengembangan diri secara optimal, sehingga fisik, mental, dan emosional murid baru siap menghadapi lingkungan baru disekolah.

Kemudian lanjut dia, fungsi dari pengenalan lingkungan sekolah tersebut, sebagai wahana untuk mengenal lingkungan sosialnya, mengenal bagaimana lingkungan barunya serta siapa dan apa saja yang ada di sana sehingga dapat dijadikan sebagai pedoman dalam menentukan sikap.

Dari hasil pengenalan lingkungan sekolah ini tambah dia, pihak sekolah bisa mengetahui bagimana pola pikir siswa pada saat proses kegiatan belajar mengajar (KBM).

"Ketika KBM nanti kita sudah tidak ragu lagi dan mereka siap menghadapi berbagai hal baru dalam lingkungan sekolah," harapnya.

Atas partipasinya, mantan Kepala SDN 05 ini mengucapkan terima kasih pada seluruh orang tua murid dan masyarakat sekitar atas kerjasamanya dalam mensukseskan kegiatan sekolah ini.

"Semoga anak-anak ini kedepan menjadi anak yang cerdas dan mampu membanggakan orang tua, serta bangsa dan negara," harapnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.