Bappeda Tampilkan Tiga Alat Teknologi Tepat Guna Pada Pameran Pembangunan - Kabar Bima

Bappeda Tampilkan Tiga Alat Teknologi Tepat Guna Pada Pameran Pembangunan

Kota Bima, KB.- Bappeda dan Litbang Kota Bima menampilkan tiga alat Teknolgi Tepat Guna (TTG) pada pemaren pembanguan.

"Tiga alat TTG tersebut merupakan hasil kreatifitas siswa-siswa Kota Bima dan dosen SKIP Bima. Lewat tangan dinginnya, mereka berhasil mencipatkan sebuah alat yang sangat berguna bagi masyarakat," ucap Kepala Bappeda melalui Kasubit inovasi dan teknologi dan Desiminasi Kelitbanan Arif Hidayatulah saat di temui di Stan Bappeda Rabu (06/08/2019) malam.

Adapun tiga alat dimaksud yaitu, pertama, Elekrtofiltrasi ciptaan siswa-siswi SMA 1 Kota Bima didampingi Bappeda dan BPBD, alat ini berfungsi untuk pemananen air hujan, membantu pengisian air tanah, menjernikan dan menghilangkan bau pada air, dan proses elektrolis yang menghasilkan air asam dan basah.

"Kedua, alat pengering padi dan jagung ini merupakan ciptaan siswa-siswi SMA 2 Kota Bima. Alat ini bergfungsi untuk mengeringkan padi dan jagung tidak memerlukan waktu yang lama dan tempat yang luas," tuturnya.

Ketiga lanjut Dayat, Alat penghasil energi listrik daur ulang ciptaan dosen STKIP Bima, alat bisa menghasilkan energi listrik, tidak menggunkan bahan kabar fosil, alat ibi merupakan generator dari bahan murah, simpel, tapi bertega besar.

"Alat-alat ini, sudah kita pamerkan ke tinggkat propinsi beberapa waktu lalu dan mendapat juara tiga," ujar Dayat.

Selain memerkan tiga alat TTG lanjut Dayat, Bappeda juga menyediakan pohon harapan untuk masyarakat Kota Bima. "Jadi apapun harapan masyarakat untuk kemajuan Kota Bima bisa disampaikan dan diutaran melalui kertas dan dititip di pohon tersebut," terang Dayat.

Dayat berharap, dengan ditampikannya alat-alat tersebut dapat memotifasi masyarakat agar bisa berinovasi menciptakan alat-alat baru yang lebih bagus dan canggih. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.