Benarkah Pemkab Akan Serahkan Aset ke Pemkot Bima ? - Kabar Bima

Benarkah Pemkab Akan Serahkan Aset ke Pemkot Bima ?

Bima, KB.- Pemerintah Kota (Pemkot) Bima sudah beberapa kali mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima untuk menyerahkan aset milik Pemkab Bima yang berada di wilayah Pemkot Bima. Bahkan ada tudingan bahwa Pemkab Bima tidak ada itikad baik untuk menyerahkan aset-aset dimaksud ke Pemerintah Kota Bima.

Firman Ayatullah, SE
Menanggapi tudingan tersebut, Pemerintah Kabupaten Bima, melalui Kasubag Pendataan dan Penatausahaan BPPKAD, mengatakan, bahwa jika disebutkan Pemkab Bima tidak punya niat baik untuk menyerahkan aset ke Pemkot itu sangat keliru.

"Karena penyerahan aset milik Pemerintah Kabupaten Bima sudah dilakukan di tahun pertama terbentuknya Kota. Penyerahan aset Pemkab ke Kota sudah lewat.  Sekarang jika ada niat atau pembicaraan penyerahan aset,  jangan lagi ditonjolkan UU 13 itu,  karena sudah lewat. Sebab, pada tahun pertama semua aset yang digunakan  untuk operasional pemerintah Kota Bima saat itu, wajib atau mutlak untuk diserahkan dan Itu sudah dilakukan," jelasnya kepada kabarbima.com, Selasa (20/08/2019).

Menurutnya, kalau pun ada penyerahan aset sekarang,  harus ada komukasi antara pimpinan. Karena aset berharga Kabupaten Bima semua ada di wilayah kota. "Kalau ada rencana penyerahan aset harus ada kesepakatan antara dua pimpinan daerah, apakah harus tukar guling atau ada kompensasi, meskipun dibayar cicil, berdasarkan kesepakatan,"terangnya. 

Dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pengkajian dan perhitungan nilai aset yang ada di wilayah Kota Bima. "Ada sejumlah aset yang ada di Kota Bima yang hendak dilakukan perhitungan nilai aset," terangnya.

Diakunya, Pemerintah Kota Bima sudah mengajukan permohonan pinjam pakai aset yang ada di sekitar Kantor Walikota Bima, dan itu sedang dalam proses. " Terkait permintaan pinjam pakai tersebut, sedang dalam kajian dan perencanaan untuk dihibahkan dan pinjam pakai," bebernya.

Ada beberapa aset yang ingin dipinjam pakai pemerintah Kota Bima, diantaranya, eks kantor BKD dan Disdukcapil. "Sekarang kita sedang persiapan penyerahn aset lagi,  hibah dan pinjam pakai,"tuturnya lagi.  

Kemudian, untuk aset yang sedang dilakukan kajian dan direncanakan untuk dihibahkan ke pemerintah Kota Bima, antara lain eks kantor Dinas Pertambangan, Eks Dispen, dan eks Kantor BKP. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.