Diskominfo Kota Bima Gelar Bimtek PPID OPD Tahun 2019 - Kabar Bima

Diskominfo Kota Bima Gelar Bimtek PPID OPD Tahun 2019

Kota Bima, KB.- Dinas  Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Bima menggelar kegiatan bimbingan teknik pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemerintah Kota Bima Tahun 2019.  Kegiatan yang berlangsung di Aula Pemerintah Kota Bima usai perayaan hari anak nasional Senin 05 Agustus 2019, dibuka oleh  Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH. Bimtek pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) OPD tahun 2019  dihadiri pula oleh Sekretaris Daerah Kota bima Drs. H. Mukhtar MH, Ketua Komisi informasi Publik (KIP) Provinsi NTB, Kepala Dinas Kominfo Kota Bima dan diikuti oleh seluruh perwakilan perangkat daerah di lingkungan pemerintah kota bima.

Feri Sofian,  SH
Wakil Walikota Bima Feri Sofiyan SH dalam arahannya menyampaikan kegiatan bimtek ini bisa bermanfaat sebagai bagian dari pengelolaan informasi publik bagi badan publik lingkup pemerintah kota bima dan berfungsi untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan akses informasi secara cepat, tepat dan tanggap sesuai dengan Motto PPID Utama Kota Bima. 

"Dengan demikian masyarakat tidak lagi merasa dipimpong untuk mendapatkan informasi yang diinginkan, baik informasi yang bisa di akses secara online maupun informasi manual", terangnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, begitu penting tugas pejabat pengelola informasi dan dokumentasi, yang tentunya bertanggung jawab dibidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan dan atau pelayanan informasi dibadan publik, maka PPID merupakan ujung tombak dalam menciptakan semangat transparansi atau keterbukaan di lingkungan badan publik OPD guna memenuhi permintaan. 

Di akhir sambutannya Wakil Walikota mengingatkan kepada PPID OPD agar dapat memahami beberapa hal diantaranya, pokok dan fungsinya, dapat meningkatkan pengelolaan dan pelayan informasi yang berkualitas dilingkungan pemerintah kota bima, membuka informasi seluas-luasnya yang berkenaan dengan institusinya serta kebijakan yang dihasilkan maupun kegiatan serta penganggarannya dan  dapat melengkapi data/dokumen website OPD dan Portal khusus PPID OPD masing-masing, baik itu informasi yang bersifat berkala sebagai dasar pengelolaan informasi publik.  

Acara kemudian dilanjutkan dengan pemaparan narasumber yakni Ketu Komisi Informasi Publik Provinsi Nusa Tenggara Barat tentang Peran PPID dan PPID Pembantu dalam pelayanan serta penyediaan informasi publik dan Keterbukaan Informasi Publik serta pembagian informasi menurut jenisnya.

Dari kegiatan bimtek ini diharapkan kepada seluruh PPID OPD lingkup Pemerintah Kota Bima untuk membuka informasi seluas-luasnya yang berkenaan dengan institusinya serta kebijakan-kebijakan yang dihasilkan dalam memantapkan pelayanan informasi publik kepada masyarakat. 

Demikian pula kepada admin PPID agar dapat melengkapi data/dokumen website OPD dan Portal khusus PPID OPD masing-masing baik informasi berkala, setiap saat maupun informasi serta Merta, sehingga daftar informasi publik di masing-masing OPD tersedia sebagai dasar pengelolaan informasi publik. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.