Warga Nggembe Sorot Pembangunan Pustu - Kabar Bima

Warga Nggembe Sorot Pembangunan Pustu

Bima, KB.- Warga Desa Nggembe Kecamatan Bolo menyorot pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) desa setempat. Pasalnya, kegiatan tersebut tidak mencerminkan azas keterbukaan informasi publik, dimana dalam kegiatan tersebut pihak pelaksana tidak memasang papan informasi sebagai acuan untuk mengetahui sumber anggaran, limit waktu pekerjaan, besar anggaran dan lainnya.




Warga Desa Nggembe, Fuad, SH, mengatakan, mestinya pihak pelaksana harus transparan menggunakan anggaran yang bersumber dari negara karena hal itu adalah kewajiban bagi siapa pun yang ditunjuk atau yang dapat pekerjaan, kecuali dia menggunakan dana pribadi,” ucap dia.

Ironisnya, lanjut dia, tidak saja mengetahui alur kegiatan, pihaknya juga tidak mengetahui siapa pelaksana pembangunan Pustu tersebut. “Kantor Pustu yang lama sudah dirubuhkan sejak empat hari lalu. Bahkan sudah digali fondasi, tapi yang membuat kita heran, ko’ papan tidak ada,” ungkapnya.

Dijelaskan dia, lokasi Pustu tersebut memang di wilayah hokum Desa Rada, tapi hingga saat ini masih menggunakan nama Pustu Nggembe karena pembangunan Pustu yang lama sebelum Desa Nggembe mekar dengan Rada,” tutup dia.

Warga Desa Rada, Ruslin, membenarkan bahwa Pustu tersebut sudah dirubuhkan dan sekarang tahap gali pondasi. Akan tetapi kata dia, terkait sumber anggaran dan lainnya tidak ketahui. “Saya juga tidak mengetahui siapa pelaksana pembangunan Pustu. Kalau mau lebih jelas, coba hubungi pihak Pemdes Rada atau Nggembe,” pinta Ruslin.

Sementara pihak pelaksana belum bisa dihubungi karena tidak ada di lokasi namun tetap diupayakan untuk dikonfirmasi. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.