Bacakades Ikuti Seleksi Akademik di Kantor Bupati Bima - Kabar Bima

Bacakades Ikuti Seleksi Akademik di Kantor Bupati Bima

Bima, KB.- Dinas PMDes Kabupaten Bima, menggelar seleksi akademik bagi bakal calon Kepala Desa. Kegiatan tersebut dihelat di aula Kantor Bupati Bima, Senin (16/09/2019) yang diikuti 20 orang bakal calon di beberapa Desa. 

"Sebanyak 20 orang bakal calon Kepala Desa mengikuti seleksi akademik, mereka merupakan peserta Pilkades yang lebih dari 5 orang calon," kata Kepala Dinas PMDes Tajudin, SH, M. Si.

Seleksi akademik bakal calon Kepala Desa ini, dihadiri Sekda Bima, Asisten I, tim penyusun Naskah Soal dari akademisi, Calon Kepala Desa, Ketua Panitia dan Anggota serta Ketua dan anggota BPD masing-masing.

"Kegiatan seleksi akademik ini juga dihadiri oleh Ketua dan panitia Pilkades, didampingi Muspika dan Muspida, mereka hadir untuk menyaksikan objektif penyelenggaraan seleksi ini," kata dia. 

Lanjut Tajudin, Bupati Bima telah membentuk tim penyusun naskah soal dari akademisi, namun sejak dibentuk, Tajuddin mengaku baru bertemu hari ini, 

"Mereka bekerja selama dua hari, kerja tim ini tidak bisa diintervensi oleh siapapun, apa yang dilakukan benar-benar tidak diintervensi," kata dia. 

Masih kata dia, selesai dilaksanakan seleksi, akan dilakukan pemeriksaan langsung oleh panitia masing-masing Desa dan diumumkan langsung, 

"Siapa yang mendapatkan nilai tertinggi masing-masing Desa itulah yang ditetapkan sebagai calon yang lulus, Itu ketetapan akhir dan tidak bisa diganggu gugat oleh siapapun," jelas dia. 

Sementara Sekda Kabupaten Bima Drs. H Taufik, M. Si, mengimbau supaya seleksi akademik ini harus yang terbaik, dirinya percaya tim yang dibentuk memiliki kredibelitas dan tidak bisa diintervensi kinerjanya oleh siapapun. 

"Pilkades adalah agenda besar bagi daerah, dalam suasana ketenangan, peserta harus kosentrasi untuk menentukan nasib sendiri," kata dia. 

Pantauan wartawan, kegiatan dimulai dengan penyerahan naskah soal dari tim penyusun ke Sekda Bima, lalu Sekda menyerahkan sepenuhnya kepada Kadis DPMDes Kabupaten Bima. Seleksi akademik dimulai pukul 09.15 wita. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.