Jena Teke Kesultanan Bima, Ikuti Gala Dinner FKN Bersama Raja Se-Nusantara di Palopo - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Jena Teke Kesultanan Bima, Ikuti Gala Dinner FKN Bersama Raja Se-Nusantara di Palopo

Palopo,  KB. - Pembukaan Festival Keraton Nusantara (FKN) sudah dilakukan yang diawali dengan Gala Dinner sekitar pukul 20.00 Wita,  Senin, 9 September 2019. Gala dinner digelar di Istana Kedatuan Kerajaan Luwu yang dihadiri Gubernur Sulsel, Prof Nurdin Abdullah.
Sejumlah raja-raja yang terlihat di malam Gala Dinner tersebut diantaranya, Baginda Firman Rajo Godang dari Kerajaan Jambu Lipo Kabupaten Sijunjuang, Jena Teke (Raja Muda)  Kesultanan Bima Muhammad Putra Feriyandi,  S. Ip. Pada saat itu,  Muhammad Putra Feriyandi didampingi ketua majelis adat Sara Dana Mbojo,  Hj.  Fera Amalia, SE, Ketua Yayasan Musium Asi Mbojo,  Ferdiansyah Fajar Islam ST,  dan pihak keluarga kesultanan Bima. 
Lalu, Kesultanan M Pagaruyung, Kerajaan Kinali Pasaman Barat, Kerajaan Kabuntaran Talu, Pasaman Barat, Kesultanan Bulungan, Kesultanan Kaprabonan Cirebon, Puri Agung Ubud, Puri Agung Singaraja (Puri Gede Buleleng), Kerajaan Menpawah (Pontianak), Sultan Pelalawan X, Kerajaan Lombok, Kesultanan Serdang, Kerajaan Pura Paku Alaman, Kerajaan Selangor, Kesultanan Sumenep, Kesultanan Bacan, Sumedang Larang dan Sri Paku Alam, dan puluhan raja lainnya. 
Sedangkan Sri Sultan Hamengku Buwono X yang semula direncanakan hadir, nampaknya hanya akan diwakili salah satu pangeran Kesultanan Yogyakarta.
Agenda FKN XIII Tana Luwu
7-13 September 2019 : Festival Seni Internasional di Lapangan Gaspa, dan FKN Expo di halaman Saodenrae Convention Center (SCC), meliputi pameran ekonomi kreatif, festival kopi, dan benda pusaka.
8 September : Gala Dinner Raja-raja, dan pesta rakyat di halaman Istana Kedatuan Luwu.
9 September : Kirab keraton dari Lapangan Gaspa ke Lapangan Pancasila, yang dilanjutkan dengan pembukaan FKN di Lapangan Pancasila ba’da Zuhur.
10 September : Maccera Tasi di Kota Belopa, dan malam harinya Musyawarah Agung di ruang pola kantor Wali Kota Palopo.
10-13 September : Di panggung utama Istana Kedatuan diisi pagelaran kesenian khas kerajaan-kerajaan.
10-13 September : Dialog kebudayaan di SCC dengan menghadirkan tiga menteri (Mendagri, Menkominfo, dan Mendikbud), serta Pangdam XVI Pattimura.
11 September : Festival Kuliner Manre Saperra di Baebunta, Luwu Utara. Setelah itu, langsung ke Sorowako, Lutim.
12 September : Jamuan dengan Bupati Lutim serta menyaksikan pentas I Lagaligo di Wotu.
13 September : Mengunjungi Toraja Utara, dan malam harinya penutupan FKN di Istana Kedatuan. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.