Rombongan Kesultanan Bima Jadi Idola Warga Palopo saat Kirab Keraton - Kabar Bima

Rombongan Kesultanan Bima Jadi Idola Warga Palopo saat Kirab Keraton

Palopo,  KB. - Senin 9 September 2019 pagi tadi,  Kirab Keraton yang merupakan Rangkaian Festival Keraton Nusantara (FKN) XIII Tahun 2019 di Tanah Luwu Kota Palopo dilaksanakan dengan meriah dan menampilkan berbagai atraksi para perwakilan dari berbagai daerah se-Nusantara.

Sampela Mbojo yang mengenakan pakaian yang berlambang Kesultanan Bima, bunga samobo. 
Rombongan Kirab dilepas oleh Asisten I Kota Palopo Bidang Pemerintahan  Drs. Burhan Nurdin yang mewakili Walikota Palopo HM. Judas Amir. Di lapangan Gaspa Kota Palopo. Kemudian  Rombongan Kirab Keraton diterima langsung Datu Luwu Sri Paduka Andi Maradang Mackulau Opu To Bau di panggung penghormatan, yang berada di depan kantor Walikota Palopo, bersama para Raja dan Sultan se-Nusantara.

Peserta Kirab yang finis di lapangan pancasila selanjutnya mengikuti pembukaan FKN XIII 2019 yang  dibuka oleh Gubernur Sulawesi Selatan.

Salah Satu peserta yang  tampil dalam Kirab Keraton FKN XIII adalah Rombongan Kesultanan Bima. Pantaun kabarbima.com di lokasi,  rombongan Kesultanan Bima jadi idola warga Palopo yang menonton disepanjang jalan.  Bagaimana tidak,  dua orang Sampela Siwe yang mengenakan pakaian lambang Kesultanan Bima yakni Burung Garuda berkepala dua dan Bunga Samobo cukup menarik perhatian. 

Ditambah lagi dengan penampilan Soka Sari disepanjang jalan cukup dan depan panggung kehormatan membuat warga bersorak sorai. 

Sepanjang jalan,  masyarakat Palopo yang menonton kirab keraton terus meneriakkan Bima Bima Bima

Kirab Keraton diikuti oleh Para Raja, Ratu, Sultan dan Permaisuri Se Nusantara sekitar 30 Kerajaan dengan jumlah peserta kurang lebih 2000 orang.

Adapun rute perjalanan Kirab Keraton ini dimulai dari lapangan gaspa kemudian menuju ke jalan Andi Tadda terus ke jalan Jenderal Sudirman kemudian jalan Andi Djemma dan finish di lapangan pancasila Kota Palopo. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.