Kodim 1608/Bima Gelar Upacara Peringati HUT TNI ke 74 - Kabar Bima

Kodim 1608/Bima Gelar Upacara Peringati HUT TNI ke 74

Kota Bima, KB.- Upacara Peringati Hari Ulang Tahun TNI ke 74 pada tahun 2019 serentak dilaksanakan di seluruh Indonesi, tepat pada Sabtu (05/10/2019). Wilayah Kodim 1608/Bima menggelar upacara tersebut di Lapangan Serasuba Kota Bima. 

Pada momen upacara tersebut, dihadiri dari berbagai elemen. Diantaranya, pihak pemerintah Kota dan Kabupaten Bima, TNI-Polri, pelajar dan Mahasiswa serta tamu undangan lainnya.

Inspektur upacara, Komandan Kodim 1608/Bima, Letkol Inf Bambang Kurnia Eka Putra, membacakan Amanat panglima TNI. Adapun isi dari Amanat tersebut, dibacakannya.

Kepada seluruh TNI dan pegawai negeri sipil TNI dimanapun saat ini bertugas dan berada saya ucapkan selamat ulang tahun ke 74 dan Dirgahayu TNI yang kita cintai dan kita banggakan bersama

saya bangga kepada seluruh TNI dan PNS TNI yang telah menunjukkan profesionalitasnya dalam melaksanakan setiap tugas yang telah dipercayakan oleh rakyat, Bangsa dan Negara. 

saya yakin, keluarga dan seluruh rakyat Indonesia juga bangga terhadap profesionalitas TNI 

Hal itu harus disyukuri, sekaligus jadi cambuk bagi kita semua untuk berbuat lebih baik lagi. Oleh karena itu tema pokok dalam kegiatan Hari Ulang Tahun ke 74 TNI  "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat"

Pada kesempatan itu pula, selaku panglima TNI dan seluruh prajurit dan PNS TNI beserta keluarga besar TNI saya ucapkan rasa hormat dan belasungkawa yang mendalam atas prajurit-prajurit terbaik TNI dalam melaksanakan tugas negara.

kami yang ditinggalkan akan melanjutkan tugas yang diamanahkan. Dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran.

Para perwira, bintara dan tamtama serta pegawai negeri sipil TNI yang saya cintai dan saya banggakan. 

Sebagai alat negara tugaa TNI tidak terlepas dari perubahan lingkungan strategis yang berkembang dinamis dan semakin kompleks. Perkembangan dunia telah menciptakan dimensi dan metode peperangan baru. 

Kemajuan teknologi yang sangat berguna bagi kehidupan manusia juga membawa dampak destruktif dari berbagai bidang. 

Hal ini telah menjadikan konsep peperangan menjadi tidak lagi terbatas suatu batas teritorial yang masuk keberbagai dimensi. 

sebagai contoh perang cyber yang disertai perang informasi. walaupun tidak menghancurkan, namun sangat merusak, bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. 

Konsep-konsep ini pun mengabulkan filosofi perang conventional dengan menggeser dimensi waktu. Karena perang-perang tersebut terjadi di masa damai. Ditambah lagi potensi bencana alam yang dapat terjadi setiap saat. 

Ancaman militer berubah dan TNI harus siap menghadapinya. Menghadapi kompleksitas ancaman diatas diperlukan postur TNI yang ideal yang dibangun sesuai kebijakan sesuai pertahanan negara dan disusul dengan memperhatikan kondisi geografis Indonesia sebagai negara kepulauan.

Pembangunan postur TNI meliputi pembangunan kekuatan, pembinaan kemampuan dan pilar kekuatan TNI. Dalam rangka pembangunan kekuatan TNI telah dibentuk beberapa organisasi baru pada kurun waktu 2018-2019. 

Yaitu pembentukan Divisi infanteri tiga Kostrad koarmda tiga koops AU Tiga dan Pasmar Tiga Koops Marinir pada tanggal 11 Mei 2018 guna menghadapi trobos sport  di wilayah Indonesia di bagian timur.

Pembentukan satuan TNI terintegrasi di Natuna pada tanggal 18 Desember 2018 sebagai pangkalan aju bagi unsur-unsur TNI yang beroperasi di wilayah Utara Indonesia. 

Pembentukan komando operasi khusus (Koopsus TNI) pada tanggal 30 Juli 2019 untuk menyelenggarakan operasi khusus guna menyelamatkan kepentingan nasional didalam maupun diluar wilayah NKRI. Serta pembentukan komando wilayah pertahanan (Pokdapwilhan I, II dan III) pada tanggal 7 September 2019. Untuk menyelenggarakan kampanye militer operasi gabungan dan operasi lainnya dalam rangka melaksanakan tugas pokok TNI.

Para perwira Bintara tamtama serta PNS TNI dalam melaksanakan tugas pokoknya TNI harus bahu membahu dan bersinergi dalam berbagai komponen bangsa lainnya.
berbagai kekuatan hang bersatu itu akan menghasilkan energi yang luar biasa bagi kemajuan bangsa.

Untuk itu, saya akan memberikan penekanan kepada seluruh prajurit dan PNS TNI dimanapun berada dan bertugas untuk dipedomani dan dilaksanakan. 


Pertama, perkokoh iman dan taqwa kita kepada Tuhan yang maha esa serta luaskan hati kita untuk terus beribadah. Karena hanya kepada_Nyalah kita berserah diri.

Kedua, tingkatkan solidaritas TNI, pegang teguh nilai-nilai keprajuritan serta Kema Unggulan TNI dengan rakyat agar kita selalu jadi pemersatu dan perekat bangsa yang berbineka tunggal Ika. 

Ketiga, tingkatkan kewaspadaan dan profesionalitas serta kualitas sumber daya manusia dalam menyikapi berbagai macam tantangan tugas yang semakin kompleks. 

Keempat, jadilah agen perubahan positif dalam menyikapi berbagai kemajuan dengan bijak. 

Kelima, jalanilah setiap tugas dengan ikhlas karena tugas kita semata-mata untuk kepentingan bangsa dan negara tercinta. 

Demikian Amanat panglima TNI yang ia bacakan sebagai inspektur upacara. 

Usai pelaksanaan upacara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada anggota terbaik dalam menjalankan tugas.

Harapannya, untuk kedepan khususnya institusi TNI agar tetap mampu menjaga sikap profesionalisme dan menjunjung tinggi nilai-nilai.

"Semoga kita tetap mampu menjunjung tinggi nilai-nilai profesionalisme dan solidaritas dalam mengemban tugas," pintanya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.