Pemkot Bima Lounching Lawata Night - Kabar Bima

Pemkot Bima Lounching Lawata Night

Kota Bima, KB.- Pemerintah Kota Bima, melalui Dinas Pariwisata menggelar acara Lounching Lawata Night. Kegiatan itu digelar di Pantai Lawata Kota Bima, Jumaat malam (11/10/2019).

Kepala Dinas Pariwisata Kota Bima, Sunarti, dalam penyampaian laporannya mengungkapkan, keberadaan pantai Lawata sudah banyak perubahan. Dan kini pantai tersebut tidak hanya dikunjungi pada waktu pagi - sore saja, melainkan dapat juga dinikmati pada malam hari.

"Acara malam hari ini, selain lounching, juga untuk mensosialisasikan program-program Pemerintah Kota Bima selama kepemimpinan Lutfi-Fery," ujarnya. 

Kata dia, untuk mempercantik Pantai Lawata, pihaknya sudah menyiapkan sejumlah item kegiatan. Dalam hal itu untuk menambah daya tarik wisatawan lokal maupun di luar daerah.

"Kita merancang 12 paket kegiatan dalam mengembangkan wisata Pantai Lawata," sebutnya.

Ia melanjutkan, paket-paket kegiatan tersebut diantaranya, Pembangunan gapura, parkir elektronik, kolam renang anak-anak dan dewasa. Selain itu, penyediaan tempat selfie, revitalisasi dua Gua peninggalan Jepang dan tempat jajanan.

"Sederet penyediaan paket kegiatan itu, mulai dari pengadaan barang dan jasa dan sejumlah wahana olahraga air, merupakan langkah-langkah untuk mengembangkan potensi destinasi wisata Pantai Lawata," sebutnya.

Pengembangan destinasi wisata Pantai Lawata, diakuinya tidak hanya dilakukan oleh pemerintah setempat. Melainkan, ada juga perhatian dari pihak-pihak swasta.

"Diantaranya seperti Rumah Lengge, itu bersumber dari dana CSR Bank BRI. Dan kursi, meja serta payung bersumber dari dana CSR Bank NTB Syariah," akunya.

Adapun acara yang digelar tersebut tidak hanya cukup malam itu. Melainkan, akan ada beberapa rantai kegiatan lainnya yang akan digelar setelah acara Lounching Lawata Night. Seperti penyelenggaraan Festival Rimpu dengan target sebanyak 15 ribu kepala yang menggunakan Rimpu. Selain itu, Parade Kuda sebanyak 137 ekor Kuda, Triathlon dan Duatlhon.

"Besok pagi pawai Rimpu start dari lapangan serasuba dan finis di Pantai Lawata. Dan pembukaan pacuan kuda di Pimpinan Dandim Bima juga pada hari  Minggu kegiatan Triathlon dan Duatlhon," bebernya. 

Sederet kegiatan tersebut merupakan upaya yang dilakukan pemerintah setempat untuk memajukan destinasi wisata daerah.

"Tujuannya dalam mengadakan ini semua demi memajukan potensi destinasi wisata yang ada di Kota Bima," tandasnya.

Sementara Walikota Bima HM Lutfi, dalam sambutannya mengatakan, acara tersebut merupakan bentuk tindakan pemerintah setempat dalam mengembangkan destinasi wisata daerah. Dan pelaksanaannya berantai hingga 13 Oktober 2019.

"Mengembangkan potensi destinasi wisata daerah tanpa dukungan semua pihak itu tidak akan terwujud. Karena itu haru ada kesatuan dalam membangun Kota Bima ini, termasuk dari bagian swasta," ungkapnya.

Ia mengajak seluruh elemen yang ada untuk tetap optimis dalam membangun Kota Bima. Terlebih sektor pemerintah daerah setempat.

"Semua pihak, kita harus tetap percaya diri untuk membangun Kota Bima menjadi kota yang indah dan menarik," terangnya.

Selain itu, di Pantai Lawata akan dibangun infrastruktur representatif. Bentuknya seperti Hotel dan Restoran, agar mampu menarik wisatawan ataupun para investor.

"Kedepannya kota ini akan menjadi tempat yang indah dan menarik, ditambah dengan kondisi alam yang sejuk," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua MK H Anwar Usman mengaku, Kota Bima merupakan kembaran Kota Istanbul Turki. Dia melihat kondisi daerah dengan keberadaan teluk Bima yang sangat luas.

"Sayangnya, selama ini kita tidak melirik hal itu dan tidak mau memperhatikan pembangunan destinasi wisata daerah kita," akunya.

Menurutnya, hal itu kini mulai dilirik oleh pemerintah setempat. Ia juga menyatakan siap untuk membantu pemerintah Kota Bima dalam mendorong kemajuan wisata daerah.

"Apa yang dibutuhkan pemerintah Kota Bima saya akan bantu di kepemerintahan pusat dan tetaplah terus membangun daerah," tutupnya.

Diketahui saat itu, kegiatan tersebut dihadiri Walikota dan Wakil Walikota Bima, Ketua MK RI, Dandim Bima, Kapolres Bima Kota, Ketua dan anggota DPRD Kota Bima, jajaran kepala OPD dan masyarakat. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.