Cegah Covid 19, Pemprov Siapkan Jutaan Masker Bagi Warga NTB - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Cegah Covid 19, Pemprov Siapkan Jutaan Masker Bagi Warga NTB

Mataram NTB-Kepala BPBD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), H. Ahsanul Khalik mengimbau seluruh masyarakat khususnya di wilayah NTB untuk memakai masker ketika berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali. Himbauan tersebut menindaklanjuti edaran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang kini mengajak semua orang untuk memakai masker guna mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Peningkatan kasus Covid-19 di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) memerlukan langkah bersama dari tiap warga untuk mengurangi potensi penularan antar orang,” kata AKA sapaan akrab Kepala BPBD NTB, Senin (6/4/2020). “Saya sendiri, selalu menggunakan masker ketika berada atau berkegiatan di luar rumah, tanpa terkecuali,” tutur AKA.

Selain itu, AKA juga meminta masyarakat untuk tetap mengutamakan berada di rumah, menjaga jarak aman, sering mencuci tangan dengan sabun dan melaksanakan etika batuk dan bersin. “Bagi yang ingin membantu sesama warga, maka bantulah dengan mengadakan, memproduksi dan membagikan masker kain. Bagi pengurus wilayah (Ketua RT, RW, Kader PKK dan lainnya) mengingatkan warga untuk selalu menggunakan masker ketika ada kegiatan di luar rumah,” jelasnya.

Menurut AKA, Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr. H. Zulkieflimansyah juga telah meminta pada para Bupati dan Walikota di NTB agar mulai mengimbau masyarakatnya untuk menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah. “Pak Gubernur meminta pak bupati dan walikota agar membantu sosialisasi masif terkait imbauan menggunakan masker ini. Jadi, jika nantinya berlanjut kepada penegakkan terhadap pembengkangan pada imbauan itu, maka hal itu merupakan domain para bupati dan walikota untuk melakukannya,” tandas AKA.

Ia juga menjelaskan, Pemerintah Provinsi NTB menyiapkan jutaan masker bagi warga NTB. Sedangkan, dana pengadaannya berasal dari biaya tidak terduga APBD. “Nanti, pengadaan dan pendisrtibusiannya ke masyarakat akan dilakukakn oleh Dinas Koperasi dan UKM provinsi NTB, karena pembuatan masker dilakukan oleh UKM kita di daerah,” jelas AKA.

Sementara itu, Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo meminta seluruh masyarakat untuk menggunakan masker saat berada di luar rumah. Hal tersebut seiring dengan imbauan terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk mengurangi risiko penyebaran virus Corona atau Covid-19. “Kita ingin setiap warga yang harus keluar rumah untuk wajib pakai masker,” kata Jokowi usai rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona, Senin (6/4/2020).

Untuk itu, Jokowi meminta seluruh jajarannya memastikan stok masker tersedia. Bahkan, Jokowi ingin agar pemerintah turut membagikan masker kepada warga. Stok masker di dalam negeri memang mengalami kelangkaan sejak mewabahnya virus Corona atau Covid-19. “Saya minta juga penyiapan masker ini betul-betul disiapkan dan diberikan ke masyarakat,” pungkas Jokowi sapaan akrab presiden RI.(KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.