Sekda: Simulasi, Penting Wujudkan Daerah Tangguh Bencana - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Sekda: Simulasi, Penting Wujudkan Daerah Tangguh Bencana

Bima, kabarbima.com.- Kesiap siagaan menghadapi potensi terjadinya bencana merupakan salah satu aspek penting untuk mengurangi terjadinya atau timbulnya korban bencana. Bupati Bima yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H. M Taufik HAK, M.Si, Kamis (22/9) memimpin Simulasi dan Apel Siaga Bencana Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) Kabupaten Bima di lapangan desa Nipa Kecamatan Ambalawi.
Pemeriksaan pasukan Apel Siaga Bencana

Pada kesempatan tersebut Sekda yang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bima Sumarsono, SH, MH, Camat Ambalawi Drs. Aidin, Muspika dan para pejabat teras BPBD. Ada pula Instansi terkait Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, seperti BMKG dan POS SAR Bima, Satuan Tugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana Kabupaten Bima Palang Merah, TNI dan Polri, siswa dan masyarakat Kecamatan Ambalawi.

Dalam amanatnya ,Sekda menyampaikan bahwa Simulasi yang digelar merupakan salah satu ikhtiar bersama untuk mengantisipasi terjadinya bencana yang dapat sewaktu-waktu datang. Pengetahuan tentang tanggap darurat, rekonstruksi dan rehabilitasi, sangat perlu dalam penanggulangan bencana. “Sebab jika suatu saat benar-benar terjadi bencana, Tim bersama masyarakat mengetahui secara menyeluruh proses evakuasi korban bencana,”kata Sekda.

Foto Bersama Setelah Apel  Siaga
Itulah sebabnya, Simulasi yang digelar hari ini merupakan wahana strategis untuk berbagi informasi dan pengalaman para pemangku kepentingan khususnya Tim Reaksi Cepat Penanganan Bencana.
Sekda berpesan agar seluruh elemen yang terlibat dalam simulasi dapat mengikuti kegiatan itu secara sungguh-sungguh, bersinergi dan mengetahui peran masing-masing apabila terjadi bencana. Sehingga akan terwujud kesiapsiagaan dan kerjasama antar seluruh elemen yang ada dalam menghadapi dan mengurangi dampak bencana.

Menutup amanatnya, H.M. Taufik, HAK menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi semua pihak, baik instansi pemerintah, masyarakat yang telah ikut serta pada kegiatan Simulasi Kesiap Siagaan dan berharap kiranya informasi, pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh dalam simulasi ini, menjadi modal berharga dalam mewujudkan Kabupaten Bima Tangguh Bencana.
Acara kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan kesiapan pasukan dan simulasi bencana.

*Abbie Makese

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.