2016 Angka Kemiskinan di Kabupaten Bima Menurun - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

2016 Angka Kemiskinan di Kabupaten Bima Menurun

Bima, KB.- Angka kemiskinan di Kabupaten Bima tahun 2016 menurun jika dibandingkan tahun sebelumnya. Penurunan angka kemiskinan tersebut dapat dicapai berkat berbagai program pemerintah Kabupaten Bima dan juga pemerintah pusat, seperti program PKH, Kampung KB, bantuan modal usaha dari pemerintah daerah, serta bantuan lainnya.

Dalam nota pengantar LKPJ tahun 2016, yang disampaikan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri di sidang paripurna DPRD Kabupaten Bima, Rabu (22/03/2017) dijelaskan bahwa implementasi misi Kabupaten Bima dalam penanggulangan kemiskinan, pemerintah daerah terus menerus melakukan upaya penurunan angka kemiskinan dari tahun 2014 sebesar 16,04% dan pada tahun 2015 menurun menjadi 15,78%. Sementara pada tahun 2016 angka kemiskinan diproyeksikan lebih kurang 15,33% atau mengalami penurunan sebesar 0,45%.

Penurunan angka kemiskinan tersebut sebagai dampak dari berbagai program pengentasan kemiskinan serta upaya peningkatan kegiatan ekonomi secara umum. Namun demikian, dalam beberapa tahun ke depan kemiskinan masih merupakan urusan yang serius di Kabupaten Bima, sehingga diperlukan peningkatan efektifitas program penanggulangan kemiskinan baik melalui program berbasis ekonomi, infrastruktur maupun program pemberdayaan masyarakat.

“Indikator lain dalam mengukur keberhasilan membangun kualitas hidup manusia adalah dengan melihat Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Pada tahun 2015 capaian IPM Kabupaten Bima adalah 63,48 dan pada tahun 2016 diproyeksikan mengalami peningkatan menjadi 64,16,” Jelas Bupati saat membacakan LKPJ.

Hal ini menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia di Kabupaten Bima terus bergerak ke arah yang positif, baik dibidang pendidikan, kesehatan maupun pertumbuhan ekonomi. (KB-02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.