Pembangunan Drainase di Jalan Gajah Mada Sedang Berlangsung - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Pembangunan Drainase di Jalan Gajah Mada Sedang Berlangsung

Kota Bima, KB.- Pelaksanaan Proyek Pembangunan kembali Drainase (Saluran) di sepanjang jalan Gajah Mada mulai dari Masjid Karara hingga Kuburan Salama tepatnya di Depan Bolly Mart sedang dalam proses pengerjaan.

Sejauh ini, kemajuan pekerjaan sudah mencapai 60 porsen untuk jalur sebelah kiri. Setelah yang sebelah kiri tuntas baru dialihkan ke yang sebelah kanan dengan panjang yang sama.

Meski dalam proses pengerjaan berlangsung masih terdapat beberapa kendala, seperti adanya warga yang keberatan untuk membongkar saluran di depan rumah mereka, namun pekerjaan tetap berlangsung.

Demi kenyamanan pengendara yang melintas di jalan tersebut, pihak pelaksanaan proyek bekerjasama dengan dinas perhubungan Kota Bima untuk mengatur arus lalu lintas dijalan tersebut. Bahkan sesekali dilakukan buka tutup jalan.

Pengawas proyek, Baharuddin kepada Kabar Bima, Jumat (31/03/2017) menjelaskan, bahwa pekerjaan drainase tersebut memiliki panjang lebih kurang 800 meter dengan dua sisi yaitu kanan dan kiri jalan.

Untuk kedalaman galian pondasi, sedalam 50 cm dan lebar pondasi sampai keatas (badan talud.red) berkisar 30 cm hingga 50 cm. dan lebar drainase yang baru ini lebih besar dibandingkan dengan lebar drainase sebelum dibongkar.

"Tinggi dinding drainase lebih tinggi yang baru dari pada yang lama, karena yang lama hanya 40 cm sementara yang baru setinggi 1 Meter, begitu pula dengan lebar drainase yang dulu hanya 30 cm dengan dengan ketinggian 40 cm. Kalaupun ada warga yang bilang percuma membangun kembali drainase saat ini jika ukuran lebar dan tingginya sama seperti sebelum dibongkar, itu tidak benar. Karena semua ukurannya jauh berbeda termasuk galian pondasinya," katanya.

Dijelaskannya, untuk tinggi dinding drainase mencapai 1 Meter. sementara untuk mulut drainase yang baru ini lebarnya mencapai 70 cm, yang dulu hanya 30 cm saja. Sebelum dibongkar tingginya hanya sekitar 40 cm saja sementara saat ini sudah mencapai 1 Meter.

Lanjutnya, dengan lebar dan tinggi drainase setelah dibongkar ini, akan memperlancar arus air, dan tidak ada lagi yang tersumbat, sehingga meminimalisir terjadinya banjir. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.