BANGKITNYA SANG NAKE: DONGGO BERTASBIH - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

BANGKITNYA SANG NAKE: DONGGO BERTASBIH

Oleh: Muhammad Guntur

Di saat seluruh Nusantara semarak mempersiapkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 02 Mei 2017,  Donggo justru bertasbih. Fadlin Guru Don atau yang dikenal Guru Adon memperkarsai bangkitnya Lembaga Pemersatu Etnis Donggo yang ada di Nusantara, sebagai salah satu Tokoh Muda berdarah Donggo, konsep Asketisisme yang dimilikinya mampu mempersatukan kekokohan yang selama ini hanya berdiam diri. 

Maka harus diakui pula bahwa persoalan apapun sebenarnya bisa dihadapi secara beradab, kalau hubungan antar orang terjalin dengan baik. Relasi manusia yang baik akan menjadi landasan yang kondusif bagi penyelesaian persoalan apapun tanpa harus mengorbankan prinsip kebudayaan dan bahkan nyawa manusia. 

Ketika relasi kemanusiaan tidak dibangun dengan baik, maka persoalan yang kecil pun bisa menjadi besar. Dan relasi yang buruk itu bisa menjadi landasan atau disposisi yang siap tersulut oleh masalah apa saja. Ini sudah sejak lama disadari rakyat Donggo, ketika Donggo terpecah oleh relasi yang tak sehat antara Otoriter dan penghianat. Ini jugalah yang menjadi inspirasi bagi terselenggaranya Peristiwa 72 yang diprakarsai oleh para politisi dan guru kita.

Sudah saatnya untuk lebih efektif menjadikan peristiwa peradaban sebagai pedoman arah. Untuk itu peristiwa sejarah masa dulu, sekarang, dan yang akan datang perlu untuk kemudian diselebrasikan. Karena disana kita menselebrasikan peradaban dan otonomi. Menselebrasikan otonomi saja, justru menselebrasikan ketidak-utuhan Dou Donggo pada umumnya. Program-program pembangunan pun harus lebih memperhatikan aspek persatuan ini. 

Sudah lama disadari bahwa pembangunan fisik, ekonomi, politik, tidak akan mensejahterakan kalau tidak menyentuh aspek kemanusiaan. Untuk itu, kembalikanlah semangat persatuan ke Donggo dengan Slogan "LADJNAH AMAR MA'ARUF NAHI MUNKAR" (*)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.