Dinsos Gelar Kegiatan Penyuluhan KSB - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Dinsos Gelar Kegiatan Penyuluhan KSB

Kota Bima,KB,- Ketika musim hujan tiba, Kota Bima selalu dilanda bencana banjir. Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Bima, Rabu (12/07/2017) siang menggelar Kegiatan pennyuluhan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Kelurahan Paruga Kecamatan Rasanae Barat Kota Bima. Kegiatan merupakan rangkaian kegiatan Perlindungan Sosial korban bencana alam Tahun 2017 Propinsi NTB.

Kegiatan tersebut berlangsung di aula kantor Yayasan Islam Bima. Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kota Bima, Kadis Sosial Provinsi NTB, PSM, LPM, RT/RW, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan para pemuda.

Kepala Dinas Sosial Kota Bima Drs.H.Muhidin MM pada Kabar Bima mengatakan, Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) ini dalam rangka mengantisipasi bencana yang terjadi di masing-masing wilayah. Seperti wilayah Kelurahan Paruga Kota Bima, setiap tahunnya terjadi banjir, bahkan sudah ditetapkan sebagai wilayah rawan banjir.

"Setiap tahunnya Kelurahan Paruga selalu menjadi langganan banjir, dengan dibentuknya KSB ini, mudah-mudahan dapat membantu masyarakat dalam mengahadapi bencana,"ujar Muhidin saat diwawancara Kabar Bima selesai kegiatan.

Kata dia, di Kota Bima hanya ada dua Kelurahan yang dibentuk sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) yakni Kelurahan Paruga dan Kelurahan Melayu.

"Untuk sementara hanya ada dua keluarahan dulu yang ditunjuk untuk Pembentukan KSB ,"jelasnya Muhidin.

Masing-masing KSB yang dibentuk ini jumlah anggotanya sebanyak 60 orang perkelurahan, jadi dua kelurahan jumlahnya 120 orang anggota.

"Jadi Tim inti yang berjumlah 120 orang inilah yang akan siap siaga dan selalu tanggap dalam mengahapi bencana yang terjadi di lingkungannya,"tutur Muhidin.

Tim yang dibentuk ini  akan mengikuti pelatihan selama tiga hari, mulai tanggal 12-14 Juli 2017.

"Dua hari untuk materi, satu hari untuk latihan simulasi atau cara menolong korban saat bencana,"tuturnya.

Tujuan dibentuknya KSB ini, agar masyarakat tangguh dalam mengahadapi bencana. Mereka akan selalu siap ketika ada bencana, dan selalu siap ketika dibutuhkan. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.