Kampung Siaga Bencana Dibentuk di Wawo - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Kampung Siaga Bencana Dibentuk di Wawo

Bima, KB.- Sekitar pukul 08.00 wita, Kadis Sosial Propinsi NTB memimpin Apel Siaga Pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kabupaten Bima dan Simulasi Bencana di Lapangga Sepak Bola Kecamatan Wawo Desa Maria, Kamis (27/07/2017).

Wakil Bupati Bima, Drs, H. Dahlan M Noer turut menghadiri penutupan pembentukan KSB sekaligus mengukuhkan pembina KSB dan simulasi siaga bencana tersebut.

Kegiatan tersebut juga dihadari Kepala Dinas Sosial Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima beserta sejumlah Kepala SKPD Kabupaten Bima, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat,  anggota Tim Kampung Siaga Bencana dan Relawan Tagana Kabupaten Bima.

Dalam Sambutanya, Wakil Bupati Bima menyambut gembira sekaligus mengapresiasi terlaksananya kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana (KSB) di Desa Mariam Kecamatan Wawo itu.

Wakil Bupati berharap kegiatan ini menjadi agenda yang membawa banyak nilai manfaat khususnya untuk warga masyarakat Kecamatan Wawo.

“Dengan dibentuknya KSB ini diharapkan masyarakat yang bertempat tinggal di Desa rawan bencana dapat melakukan penanggulangan bencana secara mandiri,” harap Wakil Bupati.

Penyelenggaraan Kampung Siaga Bencana ini dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas masyarakat agar lebih siap siaga untuk menghadapi kerawanan, kerentanan dan resiko bencana.

"Kegiatan penanggulangan bencana berbasis masyarakat sangat membantu mengurangi dampak bencana, karena masyarakat terlatih siaga bencana, dengan membentuk unit khusus siaga bencana berbasis masyarakat," jelasnya.

Sementara itu Plt Kadis Sosial H.Muhammadin, S.Sos, mengatakan  kegiatan pembetukan KSB   ini diadakan oleh Kepala Dinas Sosial Propinsi (NTB), lokasinya saja  di Kabupaten Bima.

Dirinya berharap KSB itu bukan saja di Wawo, tetapi semua Kecamatan di Kabupaten Bima ini harus ada kampung siaga bencananya.

"Karena pembentukan kampung bencana itu, agar masyarakat tahu ancaman dan resiko bencana itu. Sehinga masyarakat yang sudah dibentuk kampung siaga bencana itu bisa menggantisipasinya,"ungkapnya saat diwawancarai wartawan Kabar Bima. (KB-05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.