Wera dan Langgudu Jadi Sasaran Cetak Sawah Baru - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Wera dan Langgudu Jadi Sasaran Cetak Sawah Baru

Bima, KB.- Program cetak sawah baru yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bima Tahun 2017 terus ditambah. Namun kali ini program cetak sawah baru hanya diperuntukan Dua (2) Kecamatan saja, yaitu Kecamatan Wera dan Kecamatan Langgudu.

Ir. Beni Akbar (Foto Udin)
Kabid RPLPT, Ir. Beni Akbar saat diwawancarai Kabar Bima, Senin. (10/07/2017) mengatakan, untuk tahun 2017 cetak sawah baru di Kabupaten Bima sebanyak 120 hektar dan itu khusus untuk Kecamatan Wera 100 hektar dan Kecamatan langgudu 20 hektar.

Lanjutnya, untuk tahun ini Kecamatan Wera yang paling banyak, karena kemarin masih ada sisa tahun 2016 berdasarkan gambar Studi Investigasi Desain (SID).

"Untuk desain gambar SID kita bekerja sama dengan Universitas Mataram ( Unram)," akunya.

Kata Beni, Syarat pertama untuk membuat SID itu harus punya setifikat dan surat-surat resmi. Karena kita tidak ingin ada masalah ketika proses pencetakan di lapagan nanti. Namun sejauh ini tidak ada masalah dalam proses cetak sawah baru, karena semua lahan yang digarap sudah memiliki dokumen lengkap.

Dirinya mengingatkan, agar setiap sawah baru yang dicetak harus ditanami padi, karena program itu tujuannya untuk pemenuhan swasembada pangan secara nasional. Presiden menargetkan bangsa kita terpenuhi stok berasnya. "Untuk sawah yang sudah dicetak, harus menanam padi. Tidak boleh menanam tanaman penyanggah lain selain padi,"tegasnya. (KB-05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.