Bupati Bima Minta Masyarakat Menjaga Hutan - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Bupati Bima Minta Masyarakat Menjaga Hutan

Bima, KB.- Menindaklanjuti maraknya pembabatan hutan secara liar (Illegal Logging) yang ada di beberapa kecamatan, Pemerintah Kabupaten Bima menghimbau kepada masyarakat untuk sama-sama menjaga kelestarian hutan demi anak cucu kedepan. Salah satu kecamatan yang hutannya sudah terancam rusak yaitu Kecamatan Parado.

Himbauan tersebut disampaikan Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri, Kamis (12/10/2017), saat menerima mahasiswa dari Kecamatan Parado. Bupati mengatakan, persoalan hutan sekarang memang sangat memprihatinkan, seperti hutan di Kecamatan Parado Donggo dan Soromandi itu harus ada pengawasan oleh masyarakat sendiri. 

"Hutan itu harus dijaga dan diawasi secara bersama oleh masyarakat bersama aparat, jangan biarkan hutan itu rusak. Apa lagi sekarang masalah hutan sudah menjadi kewenagan propinsi, akan menjadi sulit untuk kita awasi. Untuk itu dibutuhkan kesadaran masyarakat untuk sama-sama menjaga dan merawat hutan. Kita juga tidak bisa melakukan penindakan secara tegas, karena itu bukan wewenang kita lagi,"tegasnya.

Hj Indah Dhamayanti Putri menyampaikan juga, bahwa pemerintah Kabupaten Bima pernah melakukan penangakapan terhadap pelaku Illegal Logging yaitu oleh anggota Sat Pol PP Kabupaten Bima di Kecamatan Langudu.

"Namuj urusan itu kita hampir di praperadilankan, karena kita dianggap menggambil kewenagan provinsi," bebernya.

Bupati Bima berharap kepada semua masyarakat agar sama - sama menjaga hutan karena hutan itu milik generasi selajutnya yang menjadi kewajiban kita untuk menjagany. (KB-05)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.