Pelayanan E-KTP Dinilai Lamban, KAKI Demo Disdukcapil - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Pelayanan E-KTP Dinilai Lamban, KAKI Demo Disdukcapil

Bima, KB.- Sejumlah anggota Komite Anti Korupsi Indonesia (KAKI) Korda Pulau Sumbawa melakukan demonstrasi di depan kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bima, Senin (09/10/2017).

Masa Aksi Saat Audensi
Demonstrasi tersebut digelar karena adanya dugaan pelayanan dari pihak Disdukcapil yang tidak memuaskan masyarakat. Baik itu dalam pelayanan E KTP, KK maupun Akta. Hal tersebut disampaikan Iskandar (Anggota KAKI) saat berorasi. 

Beberapa saat berorasi, masa aksi akhirnya diijinkan masuk untuk beraudensi. Pada kesempatan itu, Iskandar menyampaikan kepada pihak dinas untuk tidak lagi melaksanakan prkatek  pembodohan terhadap masyarakat. Karena menurutnya, sebagian yang mengurus EKTP bisa dipermudah dan dipersulitu. 

"Pelayanan jangan tergantung selera pegawai dong, harus bersikap adil. Masa yang lain ngurus 5- enam hari, sementara yang lainnya bisa mengurus KTP dalam waktu 5 Menit," tudingnya.

 Sementara itu, Kepala Disdukcapil, Zunaidin HI S,Sos.  mengatakan,  dalam hal pelayanan pihaknya tidak ada kendala, karena semua pelayanan berjalan baik-baik aja. 

"Kalau memang masa aksi bisa membuktikan itu benar - benar ada masalah, lapor saja ke pihak yang berwajib,"ungkapZainudin. 

Lanjutnya, untuk pelayanan, pihkanya bahkan sudah melakukan pelayanan sampai ke Kecamatan. Untuk saat ini ada 6 Kecamatan yang sedang kita lakukan pelayanan, dengan cara mendatangi masyarakat ke masing-masing kecamatan, diantaranya Kecamatn Sape, Ambalawi, Wera, Woha, Tambora, dan Bolo. 

Mengenai pelayanan pembuatan  seperti yang disampaikan masa aksi, dijelaskannya, bahwa prosesnya minimal 14 hari baru KTP itu bisa jadi. Karena memang begitulah aturan dan makanismenya. 

"Pelayanan kita laksanakan juga di hari libur,  atau diluar jam kerja seperti hari Sabtu dan Minggu. Kita hadir di kecamatan demi meringankan beban masyarakat. Kita kerja tidak ada hari libur demi pelayanan. Karena kita juga diminta oleh kementrian untuk menyelasaikan pelayanan E KTP 100%," jelasnya. (KB-05)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.