Minggu Depan Tanah Eks Jaminan Pemkab Bima Dilelang - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Minggu Depan Tanah Eks Jaminan Pemkab Bima Dilelang

Bima, KB.- Tanah Eks Jaminan aparatur desa tahun ini akan kembali dilelang Pemerintah Kabupaten Bima. Pelelangan tanah eks jaminan tersebut sudah berlangsung 3 tahun terakhir. Kini memasuki tahun keempat, dan diharapkan tidak ada kendala ataupun masalah dalam pelelangan kali ini.

Kasmir S.Sos
Kesubag Rumah Tangga Bagian Umum Setda Kabupaten Bima, Kasmir S.Sos yang dikonfirmasi Kabar Bima, Jumat (10/11/2017) membenarkan, bahwa tanah eks jaminan tersebut akan dilelang minggu depan.

"Rencananya minggu depan ini, kita akan membuka tahapan pelelangan," akunya.

Lanjutnya, semua dokumen sudah lengkap, termasuk Perbup yang menjadi rujukan pelelangan tanah eks jaminan. SK panitia juga baru saja ditandatangani Bupati Bima beberapa hari lalu.

"Kita tinggal laksanakan pelelangan, karena kamarin-kemarin kita hanya menunggu SK Bupati, dan sekarang SK itu sudah ditandatangani, termasuk perbup yang menjadi rujukan sudah lengkap," tuturnya.

Dikatakannya, dalam pelelangan tahun ini ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya dan itu sudah diatur dalam perbup yang baru dilakukan perubahan. Regulasinya berbeda, dimana tahun sebelumnya peserta lelang harus menyetor setengah dari harga penawaran, sehingga menyulitkan panitia menagih kembali kepada pemenang.

"Tahun ini, peserta lelang wajib menyetorkan seluruh harga penawaran bukan setengah seperti tahun sebelumnya. Artinya setelah dinyatakan menang, panitia tidak lagi menagih ulang ke pemenang tender, karena sudah dibayar lunas dimuka, melalui Bank NTB," terangnya.

Mengenai harga standar, Kasmir mengaku ada kenaikan dari harga standar sebelumnya, tergantung kelas tanah. "Tahun ini ada kenaikan harga standar dari 10 hingga 50 porsen," bebernya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.