Pacoa Jara Kalender Event Yang Kian Diminati - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Pacoa Jara Kalender Event Yang Kian Diminati

Bima, KB.- Ketika memberikan sambutan pada pembukaan pacuan kuda (Pacoa Jara) tradisional Bima di arena pacuan kuda Panda, Sabtu (02/12/2017), Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri mengemukakan bahwa Pemerintah Kabupaten Bima menggelar kejuaran pacuan kuda sebanyak 3 kali setahun, termasuk dalam rangka HUT NTB ke 59 tahun 2017. 


Dikatakannya, pacuan kuda telah ditetapkan sebagai kalender event untuk promosi wisata dan budaya Bima. 


“Pacoa Jara ini sudah menjadi salah satu wisata budaya di Bima. Sehingga Pacoa Jara menjadi event untuk promosi wisata,” jelasnya. 

Ketua panitia Rukmni menyebutkan bahwa kejuaraan pacuan kuda digelar mulai tanggal 02 sampai 10 Desember 2017, diikuti oleh 433 kuda yang terbagi dalam 13 kelas termasuk 6 kelas umum. Kuda kuda berasal dari Kota Bima, Kabupaten Bima, Dompu, Sumbawa dan Sumbawa Barat serta NTT. 

“Kejuaraan pacuan kuda dalam rangka HUT NTB ke 59 dibuka oleh Kapolda NTB Brigjen Pol. Drs. Firly M.Si dihadiri sejumlah seperti Bupati Bima, Pimpinan DPRD Kota dan Kabupaten Bima,”tuturnya. 

Dalam sambutannya, Kapolda memberika apresiasi atas kegiatan pacuan kuda tradional. Kapolda NTB juga memberikan santunan kepada para joki Cilik sebelum kejuaraan dimulai. 

“Ini tradisi yang perlu dilestarikan, karena budaya pacuan kuda, cukup menarik wisatawan untuk berkunjung ke Bima,” tuturnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.