Dinsos Gelar Binmas Tentang Nilai Kejuangan Dan Kepahlawanan Sultan Salahuddin - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Dinsos Gelar Binmas Tentang Nilai Kejuangan Dan Kepahlawanan Sultan Salahuddin

Bima, KB.- Rabu siang, (30/05/2018), Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bima melaksanakan kegiatan Bimbingan Masyarakat (Binmas)  tentang nilai kejuangan dan kepahlawanan Sultan Muhammad Salahuddin, bertempat di Aula kantor Desa Naru Barat Kecamatan Sape. 

Dihadapan 50  peserta Binmas,  Kadis Sosial Salahuddin, SH.M.Si yang membuka kegiatan tersebut mengemukakan bahwa, Binmas merupakan rangkaian dari upaya jajaran Pemerintah Kabupaten Bima untuk memperjuangkan Almarhum Sultan Muhammad Salahuddin sebagai pahlawan nasional.

"Kami mohon doa dan dukungan  masyarakat agar almarhum dapat dinobatkan menjadi pahlawan nasional pada tahun 2019 atau 2020 mendatang,"harap Salahuddin.

Binmas tersebut  menghadirkan dua orang  pemateri, yaitu Kabid Usaha Kesejahteraan Sosial Ir.Zuhda dan Budayawan Ruslan.S.Sos atau Alan Malingi. Zuhda memaparkan tentang pentingnya penanaman nilai-nilai kejuangan dan kepahlawanan di tengah masyarakat agar nilai perjuangan itu dapat terus diwariskan dari generasi ke generasi.

Disamping itu, Zuhda juga memaparkan prosedur dan tahapan pengajuan seseorang untuk menjadi pahlawan nasional. 

"Kami berharap adanya dukungan masyarakat dan pemerintah desa dan kecamatan seperti memasang baliho atau spanduk yang mendukung Sultan Muhammad Salahuddin untuk menjadi Pahlawan Nasional," harap Zuhda yang direspon positif oleh peserta.

Sementara itu, Ruslan.S.Sos atau yang akrab disapa Alan Malingi memaparkan tentang kiprah perjuangan Sultan Muhammad Salahuddin yang mendirikan sekolah-sekolah agama dan sekolah moderen,  Organisasi  pergerakan dan sosial politik di era perjuangan kemerdekaan. Serta kiprahnya dalam bergabungnya Kesultanan Bima ke dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia melalui maklumat tanggal 22 November 1945 yang menyatakan bahwa Kerajaan Bima adalah suatu daerah istimewa yang berdiri dibelakang Republik Indonesia.

Menurut Alan, Maklumat itu adalah bukti jiwa nasionalisme Salahuddin dan merupakan proklamasi rakyat Bima dibawah kepemimpinannya untuk bersatu mendukung tegaknya NKRI. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.