BPBD Kota Bima Rutin Salurkan Air Bersih ke Warga - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

BPBD Kota Bima Rutin Salurkan Air Bersih ke Warga

Kota Bima, KB.- Setiap tahun pada musim kemarau, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bima tetap rutin menyalurkan bantuan air bersih kepada warga yang mengalami kekurangan air bersih.

Marsin, S.Pt
"Setiap hari kita tetap rutin menyalurkan air bersih kepada warga yang membutukannya,"ujar Masrin S.Pt, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Bima saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/07/2018).

Kata dia, di Kota Bima ada 18 titik wilayah yang sangat membutuhkan air bersih, yaitu Melayu 2 titik, Tanjung 8 titik, Dara 2 titik, Bara Barat 2 titik dan Sarata 4 titik.

"18 titik wilayah yang disebutkan itu sudah menjadi prioritas kita setiap hari,"tuturnya.

Dikatakannya, satu titik air bersih itu dimanfaatkan sebanyak 30 KK (Kepala Keluarga). Dan satu titik air yang disalurkan itu hanya dipakai dua hari saja untuk kebutuhan minum dan masak.

"Satu titik hanya dipakai untuk minum dan masak, tidak untuk kebutuhan lain, seperti mencuci dan mandi, karena tidak cukup,"katanya.

Masrin menjelaskan, penyaluran air bersih ini bukan dilakukan oleh BPBD saja, tapi juga dibantu oleh Dinas Sosial (Dinsos) dan Bagian Umum Setda Kota Bima.

"Jadi bukan kita saja yang melakukan pendistribusian air bersih, tapi juga ada dinas lain. Dan kita pun sudah membagi tugas per wilayah. Untuk wilayah Dara tugasnya Dinsos, Tanjung tugasnya Bagian Umum, Sementara untuk wilayah Kelurahan Paruga yakni Bara Barat dan Sarata itu tugas kita BPBD,"jelas Masrin.

"Penyaluran air bersih pemerintah Kota Bima telah menyediakan 5 armada mobil tangki, 2 dari BPBD, 2 Bagian Umum Setda Kota Bima dan 1 dari Dinas Sosial,"jelasnya.

Perlu diketahui, bahwa penyaluran air bersih ini bukan hanya dilakukan pada saat musim kemarau saja, tapi juga pada musim hujan juga tetap dilakukan pendistribusian. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.