Festival Rimpu, Warga Bima-Dompu ‘Serbu’ Monas - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Festival Rimpu, Warga Bima-Dompu ‘Serbu’ Monas

Jakarta, KB.- Minggu pagi, 15 Juli 2018, ribuan warga masyarakat turun dr Bus dan Kendaraan pribadi. Para lelaki terlihat mengenakan sarung dgn menyilang badan. Sementara para Perempuannya terlihat melilitkan dikepala tanpa menutup wajah seperti halnya memakai jilbab. Orang Bima Dompu menyebutnya dengan ‘Rimpu’. 

Ribuan Warga Bima-Dompu berdesak-desakan di Monas Jakarta
Ya, Ini acara ribuan warga Bima dan Dompu se-Jabodetabek melakukan Pawai jalan kaki dari Bundaran HI menuju Monas. Mulai pukul 06:00 Wita hingga pukul 08:30 Wita. Semakin ramai karena bersamaan dengan Car Free Day. Monas pun disesaki oleh peserta. 

 “Ini diluar ekspektasi kami, hitungan awal sekitar 5.000 warga. Namun dari data masing-masing korwil diakumulasi hingga mencapai 10.000 warga. Sungguh luar biasa respon warga Bima dan Dompu di Jakarta,”ungkap Ketua Panitia, Ruslan Idris disela-sela acara Tari Rimpu di Panggung Utama. 

Ribuan Warga Bima-Dompu berdesak-desakan di Monas Jakarta, saat melakukan pawai rimpu Nampak hadir dan ikut jalan, Sekda Propinsi NTB, Dr. Rosiyadi Sayuti. Kadis Pariwisata NTB, Lalu Faozal. Kadis Perindustrian, Kepala Bappeda Propinsi NTB. Bupati Bima, Hj. Indah Damayanti Putri, Bupati Dompu, H. Bambang dan beberapa kepala SKPD. beberapa kepala SKPD Kab Bima juga turut nampak, Kadis BPMDes Kab Bima Drs Andi Sirajuddin dan H. Makruf berada dikerumunan warga. Beberapa perwakilan Duta Besar juga turut hadir, seperti Kedutaan Sudan, Kedutaan Iran, Kedutaan Yaman, dan lainnya. H. Syarifuddin MM, Anggota DPR RI, Pak Ir Badrul Munir, mantan Wagub NTB nampak bersama Sultan Sumbawa, YM M. Kaharuddin. Para sesepuh Bima dan Dompu juga tak ketinggalan turut hadir, termasuk diantaranya Prof Hamdan Zulfa, SH.HM. 

Acara dipandu secara Penuh oleh Ivan Kempo dan Jamaluddin Ikraman. Beberapa pentas Budaya ditampilkan dipanggung utama sperti Ntumbu Tuta, Tari Rimpu, Tari Saremba Tembe, Tari Pako Fare, Gantao dan lainnya. 

“Ini sebuah kebanggaan bagi kita semua, bahwa dengan suka rela, keluarga dan saudara kita hadir memeriahkan Festival ini,” ungkap Saad Bima, Sutradara asal Bima. 

H. Sutarman, turut hadir juga nampak semangat dan berdecak kagum dengan tumpah ruahnya warga Bima Dompu di Monas.

“Seumur-umur, baru kali ini Pagelaran acara Budaya melibatkan ribuan orang dan dilaksanakan secara kolosal,”ungkapnya. 

Yusril Albima, atase Kedutaan Indonesia di Negara Sudan, hadir khusus dan nampak kebanggaan pada raut wajahnya. “Ini sungguh luar biasa, apresiasi yang tinggi atas kerja dan kinerja panitia yang mampu menghadirkan peserta dan undangan sebanyak ini,”tuturnya. 

Betty Rachmawati S.Psi Isteri Dandim 1608/Bima sekaligus Ketua Persit KCK Cabang XXVII Bima juga ikut hadir dalam kegiatan budaya tersebut. Dengan mengenakan sarung tenun bima warna pink, Ia nampak bersemangat. 

“Ini diluar dugaan saya akan banyak yang hadir. mudah-mudahan acara seperti ini tetap dilestarikan agar tetap bersinar dari tahun ke tahun,” akunya melalui pesan elektronik. 

Acara Pawai budaya rimpu Bima-Domou ini berakhir pada jam16.30 waktu setempat. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.