Lomba Masak Serba Ikan Sepanjang 378 Meter, Diikuti Ribuan Peserta - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Lomba Masak Serba Ikan Sepanjang 378 Meter, Diikuti Ribuan Peserta

Bima, KB.- Pada Rangkaian kegiatan Peringatan Hari Jadi Bima Ke-378, Ribuan masyarakat hadir dan mengikuti Lomba Masak dan Inovasi Serba Ikan, Lomba Bakar Ikan, Parade Perahu dan Pemberian Makanan Tambahan untuk Anak Sekolah berlangsung meriah pada Jum’at, (06/07/2018) bertempat di Jalan Baru Dua Jalur Desa Panda Kecamatan Palibelo. 

Peserta Lomba Bakar Ikan sepanjang 378 Meter.
Pantauan langsung kabarbima.com, ribuan masyarakat tersebut memadati ruas jalan dua jalur dengan berjejer sepanjang 378 meter, untuk menjadi peserta lomba Bakar Ikan. Mereka terlihat siaga dengan peralatan lengkap untuk memasak ikan lengkap dengan bumbu-bumbu.

Sekretaria DPRD Kabupaten Bima adalah Salah Satu  Peserta Lomba. SekertarisDewan  (Sekwan), Drs. Ishaka mengatakan, bahwa Partisipasi dalam Lomba Bakar Ikan Hasil Sumber Daya Alam Kabupaten Bima ini, Merupakan bentuk Promosi Masakan Khas Kabupaten Bima.

"Setwan  menyajikan banyak jenis ikan bakar, seperti Ikan Kepiting, Cumi-cumi dan jenis Ikan lain,”katanya.

Yang unik di Posko Setwan ini, adalah bumbu dan makanan yang diberinama perangkat dan kegiatan di lembaga DPRD Kabupaten Bima, seperti Lalapan Ikan yang diberi nama Lalapan Fraksi, Nasi dengan nama Nasi Komisi, Ikan Bakar Paripurna, Sambal Banggar dan Sambal Banmus.

"Menu makanan yang kita sajikan kita berinama unik. Nama-nama itu adalah perangkat dan rangkaian kegaiatan di lembaga DPRD Kabupaten Bima," terannya.

Dikatakanya walau menjadi bagian yang dilombakan, tetapi Festival Bakar Ikan mampu menarik perhatian para investor untuk menanamkan Investasi Pariwisata khusus kuliner dapat diwujudkan.

Banyak potensi pariwisata kita di Kabupaten Bima, namun belum mampu kita maksimalkan. Melalui Rangkaian Hari Jadi Bima yang 378 sekarang, mari kita memperkenalkan Bima pada Dunia luar, Khusus Pariwisata," tuturnya. 

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima, Hj. Nurma mengatakan, kegiatan ini sebagai upaya  meningkatkan keterampilan memasak yang berbahan ikan, menyebarluaskan keanekaragaman masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat serta melakukan kampanye pemanfaatan sumberdaya ikan yang berkedaulatan dan keberlanjutan untuk kesejahteran masyarakat Bima. 

"Pada kesempatan ini kami juga memberikan makanan tambahan untuk anak sekolah, sehingga dari pemberian makanan tambahan ini diharapkan kedepanya anak–anak kita akan mencintai hasil laut berupa ikan sebagai konsumsi sehari–hari guna pemenuhan kebutuhan akan makanan. Hal ini dilakukan karena dengan kita mengkonsumsi ikan maupun olahan masakan ikan yang berbahan baku ikan akan dapat meningkatkan pemenuhan serta pemanfaatan gizi ikan bagi kesehatan dan kecerdasan,"jelas Nurma. 

Sementara itu, Bupati Bima Hj. Indah Dhamayanti Putri dalam arahannya, atas nama pribadi dan pemerintah daerah, menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada pihak pantia pelaksana dalam hal ini Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bima dan Dinas Pariwisata Kabupaten Bima sehingga dengan adanya kegiatan ini. 

"Kedepannya dapat terus dilaksanakan dan terus ditingkatkan dan kalaupun bisa kegiatan semacam ini dijadikan agenda tahunan,"harapnya. 

Lanjut Bupati, dikatakan pula bahwa dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mendukung ketahanan pangan dan gizi, sehingga perlu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein yang berkualitas tinggi. Untuk itu, melalui kegiatan ini selain mengajak masyarakat untuk konsumsi ikan, juga sebagai upaya peningkatan gizi masyarakat terutama sumber protein yang dimiliki oleh ikan berupa sumber protein hewani yang begitu tinggi. 

"Mari kita biasakan mengkonsumsi ikan, terutama kepada anak-anak kita. Karena ikan mengandung banyak protein yang dapan meningkatkan kecerdasan anak kita," himbaunya.

Bupati berharap, dengan adanya kegiatan ini, akan tercipta inovasi-inovasi baru menu berbahan baku ikan serta menciptakan kreasi makanan tambahan yang berbahan baku ikan yang menarik, mudah dalam pengelolaanya serta begizi tinggi. 

Selain dihadiri oleh peserta lomba, juga dihadiri oleh Wakil Bupati Bima, Kapolres Bima, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima, para Asisten, Kabag, para Kepala SKPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Bima, para Investor yang berasal dari Negara Malaysia, Brunai Darusalam dan Cina. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.