PLS, Siswa SDN 02 Diperkenankan Memakai Baju Adat - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

PLS, Siswa SDN 02 Diperkenankan Memakai Baju Adat

Kota Bima,KB.- Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) SDN 02 Kota Bima, sudah berlangsung selama tiga hari, dimulai dari Senin - Rabu 18 Juni 2018. Tadi pagi, merupakan hari terakhir pelaksanaanya.

Pada hari terakhir pelaksaan PLS ini siswa-siswi bersama dengan orang tuanya diperkenankan memakai baju adat tradisional sesuai daerah asalnya masing-masing.

"Dari Lombok pake baju adat lombok, asal Jawa pake baju adat Jawa, begitupun seterusnya,"ujar Kepala SDN 02 Kota Bima H.Alatif S.Pdi Selasa (18/07/2018).

H.A.Latif mengatakan, kegiatan PLS hari terakhir ini beda dengan hari pertama dan kedua. Karena pada hari terakhir ini siswa  berjalan keliling, mulai dari sekolah sampai lapangan Sarasuba dengan menggunakan baju adat.

"Kalau hari pertama hanya pengenalan lingkungan sekolah, dan kegiatan keterampilan seperti perkenalan sesama siswa,"jelasnya.

"Ini merupakan kali kedua kita melaksanakan kegiatan PLS hari terakhir dengan menggunkan baju adat tradisional,"katanya.

Adapun tujuannya keliling lingkungan luar sekolah, untuk mengenalkan siswa kepada lingkungan sekitar sekolah, sehingga masyarakat di sekitar lingkungan sekolah itu bisa tahu bahwa inilah siswa baru SDN 02 Kota Bima.

"Siswa baru yang kita terima ini semuanya sama, tidak ada perbedaan status sosial apapun. Mau anak PNS, TNI, POLRI ataupun masyarakat biasa. Semuanya diperlakukan sama dan mereka semua bisa sekolah disini,"jelasnya.

Perlu diketahui, yang paling utama dilakukan oleh pihak SDN 02 Kota Bima adalah penanaman pendidikan karakter kepada siswa. Sehingga dengan adanya pendidikan karakter siswa tidak akan merasa takut dan trauma ketika berada di sekolah tanpa didampingi oleh orang tuanya.

"Mereka akan merasa nyaman dan aman berada di sekolah meskipun tidak didamping oleh orang tua. Karena orang tua mereka di sekolah adalah ibu dan bapak guru,"pungkasnya. (KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.