Hari ini, Kelurahan Penanae Dinilai Tim Provinsi Lomba Kelurahan Terintegrasi - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Hari ini, Kelurahan Penanae Dinilai Tim Provinsi Lomba Kelurahan Terintegrasi

Kota Bima, KB.- Setelah memastikan juara I Lomba Kelurahan Terintegrasi Tingkat Kota Bima 2018, Kelurahan Penanae hari ini, Rabu (01/08/2018) akan dinilai oleh tim Provinsi NTB. Kini kelurahan setempat bersama seluruh stakeholder OPD Pemerintah Kota Bima tengah mempersiapkan segala kebutuhan, agar dapat dinilai oleh tim panitia.

H. Faharuddin, S.Sos
“Alhamdulillah seluruh persiapan Kelurahan Penanae telah mencapai 95 persen, mulai dari partisipasi  seluruh elemen organisasi kemasyarakatan bersama pemerintah telah rampung. Hanya tinggal beberapa pembenahan di beberapa sektor saja,” ujar Kabag AP Setda Kota Bima H Faharuddin.

Faharuddin menjelaskan, tim penilai dari Provinsi NTB tersebut akan memberikan penilaian 3 aspek yang dilombakan. Mulai dari bidang pemerintahan, kewilayahan, serta keterlibatan masyarakat. Dengan melibatkan tim penilai dari berbagai instansi, diantaranya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), Dikes, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud), serta beberapa OPD yang dilibatkan dalam struktur kepanitiaan.

"Tim panitia dari Provinsi NTB sudah tiba kemarin, dan siap berkunjung, melihat dan mendokumentasikan dan memberikan penilaian hari ini,” katanya.

Mantan Camat Rasanae timur itu menuturkan, berdasarkan sub bidang 3 aspek penilaian, nanti akan dibagi lagi beberapa sub bidang penilaian. Seperti mencakup aspek partisipasi masyarakat, lembaga kemasyarakatan, PKK, keamanan dan ketertiban serta tanggap siaga bencana, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan serta peningkatan kapasitas masyarakat.

Sementara itu Sekda Kota Bima H Muhtar Landa menambahkan, tujuan utama lomba kelurahan sebenarnya adalah untuk membangun kembali semangat swadaya, gotong royong, dan partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sosial kemasyarakatan. Mulai dari penataan lingkungan masyarakat, pembangunan keluarga, hingga penerapan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

"Penilaian dan predikat juara adalah reward yang kita harapkan, tapi yang perlu kita garis bawahi adalah terwujudnya kelurahan yang bersih, sehat, maju, dan sejahtera, baik itu di Kelurahan Penanae maupun di Kota Bima secara umum,” tambahnya. (KB-01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.