Anggaran Bedah Rumah Di Desa Ragi Dipotong Rp. 3 Juta Tiap Rumah - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Anggaran Bedah Rumah Di Desa Ragi Dipotong Rp. 3 Juta Tiap Rumah

Bima, KB.- Bantuan bedah Rumah untuk peningkatan kualitas Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) di Desa Ragi Kecamatan Palibelo yang bersumber dari Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Kabupaten Bima diprotes warga desa setempat.

Kata Bek sapaan Akrabnnya, selaku warga desa Ragi yang mendapat bantuan tersebut,  ada 9 orang  (KK) masing-masing mendapatkan Bantuan Rp. 14 juta. Kemudian uang 14 juta tersebut dipotong oleh Dinas terkait sebesar 3 Juta.

Bahkan, lanjut Bek, uang Rp. 14 Juta tersebut dipegang oleh Dinas terkait. Semua 
bahan material rehab rumah tersebut menjadi urusan dinas terkait.

"Semua bahan bedah rumah  adalah urusan fasilisator di dinas tersebut. Jadi tidak ada urusan warga yang mendapatkan bantuan," cetusnya.

Bahkan menurutnya, kualitas bahan material untuk bantuan tersebut tidak sesuai dengan yang diharapkan masyarakat. Misalnya batu bata sangat tidak bagus sekali dilihat dari kualitas batu bata tersebut. Besar kemungkinan rumah warga yang menghabiskan uang negara itu tidak akan bertahan lama.

"Di Rencana Anggaran Biaya (RAB), harga batu bata tersebut sangat mahal, yakni Rp.750 /bata padahal harga biasannya hanya Rp.500,"sorotnya.

Bek mengatakan, batu bata semahal itu, tentu kualitasnya pasti memuaskan, tapi dengan harga yang begitu besar, membuat masyarakat kecewa .

Dirinnya menyinggung juga, masalah pemotongan uang Rp. 3 juta yang tidak transparansi. 9 unit rumah tersebut masing- masing KK dipotong tanpa Juklas Juklis yang jelas.

"Saya pertanyakan uang Rp. 3 juta tersebut untuk apa,"tanya dia.

Zulkarnain, selaku fasilitator, saat ditemui di kantornnya, Selasa (18/09/2018) mengakui adanya pemotongan uang Rp. 3 Juta tersebut.  Menurutnya, pemotongan uang tersebut, untuk PPL dan PPH, termasuk untuk gaji tukang. 

"Pemotongan tersebut sesuai dengan (RAB)," katanya.

Dirinnya menambahkan, bahwa pihaknnya ada kesepakatan dengan masyarakat yang mendapatkan bantuan  mengenai toko untuk membeli bahan-bahan bangunan untuk bedah rumah tersebut.

"Untuk semua bahan-bahan bedah Rumah mereka, kita sudah ada toko yang kerjasama dengan kita, sesuai kesepakatan kami dengan warga yang mendapatkan bantuan tersebut,"tuturnya. (KB-05)

2 komentar:

  1. Mencari pinjaman asli? Anda berada di tempat yang tepat untuk solusi pinjaman Anda di sini! Ocean Credit menawarkan semua jenis pinjaman dalam jumlah berapa pun kepada perusahaan dan perorangan dengan tingkat bunga 2% yang rendah dan terjangkau. Modal dan proses pinjaman kami aman, asli, dan dijamin 100%. Tertarik hubungi kami melalui email sekarang di; (oceancreditfinancial@gmail.com)

    BalasHapus
  2. Dear sir,

    I am a direct Mandate to a genuinely renowned Investment Finance Company offering Cash & Asset Backed Financial Instruments on Lease and Sale at the best rates and with the most feasible procedures.

    Instruments offered can be put in all forms of trade and can be monetized or discounted for direct funding. For Inquiry contact.

    Email: longmornprojectfinances@gmail.com

    Skype: longmornprojectfinance@hotmail.com

    Whatsapp : +1(661)262-9225

    Warm Regards
    Simon Federman.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.