Desa Rupe Dideklarasi sebagai Desa Layak Anak - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Desa Rupe Dideklarasi sebagai Desa Layak Anak

Bima, KB.- Pemerintah Kabupaten Bima, melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mendeklarasikan desa layak anak di Desa Rupe Kecamatan Langgudu, pada Kamis (17/01/2019).

Foto bersama Camat Langgudu, Kapolsek, Kepala Desa Rupe, 
KUPT Dan ketua TP  PKK Usai membuat komitmen bersama.
Kabid Perlindungan Perempuan dan Anak Hj. Siti Ramlah, SE MM kepada kabarbima.com menjelaskan, pada saat deklarasi, Desa Rupe mendeklarasikan 5 komitmen terkait perwujudan Desa Layak Anak. Diantaranya, Pertama, akan membentuk Satgas Perlindungan perempuan dan anak yang ditandatangani oleh kepada desa.

Kedua, melaporkan setiap kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak melalui Satgas, dan dilaporkan ke pihak yang berwajib. Ketiga, Satgas melakukan sosialisasi tentang pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, dengan sumber dana dari desa.

Keempat, memfasilitasi perempuan dan anak untuk ikut mengikuti Musrenbang desa dalam mengusulkan program kerja dan yang terakhir akan mendeklarasikan Desa Rupe menjadi desa layak anak yang diSK-kan bapak Camat Langgudu.

"Desa layak anak ini merupakan perpanjangan dari Kabupaten Layak Anak, setelah adanya Kecamatan layak anak. Deklarasi ini dalam rangka mempersiapkan penilaian desa layak anak, jadi desa-desa itu harus ada yang layak anak. Desa yang sering kita bina akan kita jadikan desa layak anak," jelasnya.

Menurutnya, di Kabupaten Bima itu baru beberapa desa yang sudal layak anak, seperti Desa Rabakodo Kecamatan Woha, Desa Rupe, kemudian rencananya akan ada deklarasi lanjutan untuk Desa Wane Kecamatan Parado, Desa Teke Kecamatan Palibelo, dan juga Desa Belo.

Ramlah menambahkan, adapun komitmen lainnya, seperti mencegah kejadian kematian bayi, kejadian kurang gizi pada balita, memastikan tiap bayi mendapatkan ASI, termasuk menyediakan ruang ASI di tiap-tiap fasilitas umum desa. Selain itu, Kades juga harus mendorong anak dari keluarga miskin, agar memperoleh akses peningkatan kesejahteraan.

"Kami juga berkomitmen menghadirkan Pendidikan Anak Usia Dini, sekolah ramah anak termasuk kawasan tanpa rokok," sambungnya.

Pemerintahan Desa Rupe di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima, dideklarasikan sebagai desa layak anak sebagai bentuk komitmen terhadap perlindungan anak di daerah itu. Saat deklarasi diikuti oleh camat, kapolsek, kepala dan perangkat desa serta forum desa layak anak Desa Rupe. (KB-01/Kerjsama)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.