Wakil Walikota Hadiri Rakernas Apeksi XIV di Semarang - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Wakil Walikota Hadiri Rakernas Apeksi XIV di Semarang

Semarang, KB.- Wakil Walikota Bima Fery Sofian, SH didampingi Kabag Ap, Camat Raba dan Lurah Kodo, Rabu (03/07/2019) pagi menghadiri acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi) Ke- XIV tahun 2019 di Kota Semarang. Acara tersebut bertemakan "Penguatan alokasi anggaran pemerintah daerah untuk mendukung profesionalitas aparatur dan kemandirian daerah".

Kegiatan Apeksi ke-XIV ini berlangsung di Aula PO Hotel, dan dihadiri Mentri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumala, Menpan RB, Wakil Kemenkeu, Gubernur Jawa Tengah dan Walikota Seluruh Indonesia.

Pembukaan acara Apeksi diawali dengan tarian tradisional semarang yakni Tari Ronggeng.

Mentri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo dalam sambutanya sekaligus membuka kegiatan Apeksi mengatakan, melalui Rakernas Apeksi XIV, Pemerintah Kota untuk mengawal dan mendukung pencapaian yang berkaitan dengan sisa anggaran pembangunan RPJMN tahun 2014-2019, dan itu harus bisa terlaksana dengan tuntas. "Itu merupakan Harapan pemerintah Pusat," ucapnya.

Lanjut dia, Aosisasi Pemerintah Kota harus berperan aktif untuk mendorong anggota yang tersebar di 93 daerah, yang merupakan Kota Otonom dan 5 Kota Adminitrasif agar segera mengambil langkah rancangan penyusunan RPJMN 2020-2025 sebagai penjabaran Visi-Misi Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

"Sehingga singkronisasi pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah bisa sejalan, dan juga bisa berjalan dengan baik," harapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawan Tengah H.Ganjar Pranowo, SH, M.IP dalam sambutannya mengatakan, bahwa indonesia harus membuat lompatan ekonomi yang tinggi dengan cara memanfaatn infarstruktur yang, dan sarana prasarana yang ada.

"Setelah Infrastruktur ada, tugas kita harus mengfungsikan, memanfaatkan dan juga mengisinya," terangnya saat menyampaikan sambutan.

Dikatakanya kepada semua walikota yang hadir, invosi yang hebat adalah Kota Smar City dan itu harus didukung dengan informasi layanan yang mudah cepat dan gampang bagi masyarakat.

"Kota itu identik dengan jasa, dan layanan-layanan yang agak sedikit beda dengan Kabupaten," inginya.

Walikota Tangerang Selatan Sekaligus Ketua Rakernas Apeksi XIV Hj. Airin Rachmi Diani, SH, MH, M.Kn dalam sambutannya mengampaikan, tujuan Rakornas Apeksi XIV ini adalah untuk membahas berbagai permasalahan, terkait dengan penyelengaraan pemerintahan daerah yang menampung dan juga mengakomodir usulan anggota untuk selanjutnya disampaikan kepada kementrian terkait. Dan merancang program kerja organsiasi untuk meningkatkan kapasitas di daerah masing-masing.(KB-04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.