Pemkab Bima Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Pemkab Bima Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

Bima, KB.- Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan, M. Noer, M. Pd, memimpin upacara peringatan hari kesaktian pancasila tingkat Kabupaten Bima digelar di halaman Kantor Bupati Bima Selasa (1/10), 

Drs. H Dahlan, M. Noer, M. Pd
Dalam pidatonya, Wakil Bupati Bima Drs. H Dahlan M. Noer, M. Pd, mengatakan, pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masyarakat Indonesia, 

"nilai-nilai pancasila telah membuat masyarakat kita semakin matang dalam kehidupan politik sebagaimana telah kita tampilkan dalam pemilu beberapa waktu lalu," kata dia. 

Kata dia, pada tahun 2019 ini, upacara hari kesaktian pancasila dengam mengangkat tema "peringatan hari kesaktian pancasila adalah pancasila sebagai dasar penguatan karakter bangsa menuju Indonesia maju dan bahagia". 

"Untuk membangun masyarakat berkarakter mulai serta memiliki kesanggupan mewujudkan Indonesia yang maju dan bahagia, dibutuhkan kerja keras berlandasakan pancasila," kata dia. 

Menurut Dahkan, Pancasila adalah sumber nilai jati diri bangsa sekaligus fondasi Negara, sebagai falsafah negara, pancasila menjadi acuan dalam mewujudkan Indienesia yang adil, makmur dan sejahtera. 

"Salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil," kata dia. 

Untuk itu, Dahlan meminta untuk selalu bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukkan hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya," kata dia. 

Kata dia, tentu dalam hal ini semua berkeinginan membangun bangsa yang berperadaban unggul, yang salah satu cirinya adalah bangsa yang mampu menunjukkan karakter dan jati dirinya, 

"Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup, kita harus terus-menerus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, utamanya para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini," tandasnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.