Pelamar CPNS di Kabupaten Bima Mencapai 10.225 Peserta - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Pelamar CPNS di Kabupaten Bima Mencapai 10.225 Peserta

Bima, KB.- Jumlah pelamar CPNS yang mendaftar di Kabupaten Bima Tahun 2019 melebihi jumlah Tahun 2018. Bahkan, menduduki posisi terbanyak ke 3 se-provinsi NTB.

Abdurahman.
Kabid Perencanaan dan Pengembangan Kepegawaian Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Bima Abdurahman mengatakan, jumlah pelamar tes CPNS tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

"Pelamar tes CPNS tahun ini sebanyak 10225. Tahun ini, jumlahnya lebih banyak dari tahun lalu," ujarnya, Selasa (03/12/2019).

Menjadi PNS sudah menjadi idola umumnya para sarjana muda. Kata dia, formasi CPNS tahun ini didominasi bidang keguruan/pengajar.

"Yang banyak dibuka lowongannya lowongan guru kalau tahun ini. Seperti guru IPA, IPS guru kelas dan Agama," sebutnya.

Diakuinya, jumlah PNS yang dibutuhkan di Kabupaten Bima Tahun 2019 tidak terlalu banyak. Seluruh formasi yang dibutuhkan, jumlah keseluruhan hanya 241 orang.

"Pelamarnya melebihi ribuan orang tapi yang dibutuhkan hanya ratusan. Dan itu tidak terlalu banyak," akunya.

Pendaftaran CPNS kata dia, sudah ditutup pada tanggal 26 November 2019 pukul 23.11 Wita. Dan akan diumumkan hasil kelulusan administrasi pada bulan Desember ini.

"Rencana BKD Provinsi pada tanggal 23 Desember secara bersamaan seluruh kabupaten/kota di Provinsi NTB. Tapi jadwal itu belum disepakati oleh masing-masing daerah," jelasnya.

Bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi bisa melihat pengumuman jadwal sesi tes masing-masing di website atau langsung di situs BKN. Sementara bagi yang dinyatakan tidak lulus administrasi bisa mengajukan sanggah selama 3 hari setelah pengumuman.

"Setelah itu diberi waktu kepada panitia daerah untuk mengecek kembali berkas administrasi dari pelamar yang keberatan. Lalu diumumkan. Dan keputusan menjadi final," ungkapnya.

Sementara tes SKD direncanakan akan dilaksanakan pada akhir Januari atau awal Februari 2020, di kampus Vokasi Unram Sondosia, dengan menggunakan sistem yang sama seperti tahun sebelumnya.
"Kami masih menunggu informasi dari BKN," tuturnya. 

Diimbaunya, kepada seluruh pelamar CPNS agar tidak mempercayai Calo. Sebab menurutnya, tidak ada cela untuk bermain seperti omongan yang dijual para calo.

"Jangan sekali-kali percaya sama calo. Karena, hasil dari tes CPNS nya nanti akan langsung diketahui peserta setelah selesai mengisi soal. Dan waktunya pada saat itu juga. Jadi gak ada cela bagi calo, apalagi ini tesnya online," (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.