DAK Layanan Dasar Pendidikan Tetap Stabil Walau Covid 19 - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

DAK Layanan Dasar Pendidikan Tetap Stabil Walau Covid 19

Bima,KB.- Wabah virus yang disebut Covid 19 itu, cukup menguras sejumlah anggaran untuk proses penanganannya, baik APBN ataupun APBD disetiap daerah. Namun, ditengah wabah virus mematikan menajalar keseluruh Indonesia termasuk Kabupaten Bima, tidak menganggu stabilitas Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pelayanan pendidikan.

Nasrudin. 
Kabid Dikdas Dikbudpora Kabupaten Bima, Nasrudin, mengatakan, walau corona berhasil menyita perhatian negara sekarang ini, tapi tidak menggangu anggaran DAK pendidikan.

"DAK untuk Dikbudpora tidak ada pengurangan," katanya, Selasa (14/04/2020).

Mengapa demikian, karena  dinas dimaksud merupakan instansi pelayanan dasar. Sebab itu DAK ditahun anggaran Covid 19 ini tetap normatif untuk layanan pendidikan.

"Instansi ini sama hal dengan Rumah Sakit, jadi perannya untuk layanan dasar bagi masyarakat," ungkapnya.

Kata dia, sekarang sedang dalam tahap penyelesaian gambar RAB. Kabupaten Bima menargetkan pencairan DAK untuk layanan pendidikan pada April ini.

"Target kita 10 April kemarin sudah selesai gambarnya. Agar ditanggal 20 April bisa dicairkan. Namun, sekarang belum selesai gambarnya dan kita terpaksa menargetkan pencairannya di bulan Mei mendatang," gambarnya.

Adapun jumlah sekolah Se-Kabupaten Bima yang mendapatkan DAK Tahun 2020, sebanyak 176 sekolah. Jumlah anggaran yang dikucurkan dengan total banyaknya unit sekolah tersebut, sebanyak Rp. 35,5 M.

"Ada Rp. 19 M untuk Sekolah Dasar (SD) dan Rp. 16,4 M untuk bangunan SMP," sebutnya.

Lanjutnya, untuk pembagiannya bergantung pada tingkat kerusakan yang ada. Ada yang hanya mendapatkan anggaran untuk rehab WC sekolah dan ada juga yang doble dengan ruang kelas.

"Kita bagikan sesuai dengan kebutuhan," tutupnya. (KB-07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.