Dua Warga KLU Yang Meninggal Dunia Dinyatakan Negatif Covid-19 - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Dua Warga KLU Yang Meninggal Dunia Dinyatakan Negatif Covid-19

Mataram, KB.- Belum lama ini, dua orang warga Kabupaten Lombok Utara (KLU) meninggal dunia. Hal tersebut sempat memunculkan spekulasi publik, bahwa meninggalnya dua warga KLU tersebut diduga akibat positif Corona atau Covid-19. Menyikapi kabar miring tersebut, Bupati Lombok Utara NTB, H. Najmul Akhyar akhirnya memberikan penjelasan terkait meninggalnya dua warga KLU tersebut.

Bupati KLU menjelaskan, bahwa pada tanggal 4 April 2020 sekitar pukul 08.14 Wita telah meninggal dunia (secara mendadak) Tn. S (60) alamat Lendang Mamben Bayan. “Meninggal di Kompleks Pertokoan Pasar Santong. Dari hasil pemeriksaan Swab dinyatakan negatif Covid-19,” ungkap Najmul sapaan akrab Bupati KLU, Kamis (9/4/2020).

Selanjutnya Najmul juga menjelaskan, pada tanggal 7 April 2020, sekitar pukul 12.40 Wita telah meninggal dunia Tn. IP (76) alamat Karang Swela Tanjung. “Meninggal di RSUD Kota Mataram dengan status PDP. Adapun kronologis pasien yaitu: I Pasien dirawat di RSUD KLU tanggal 29 Maret - 6 April 2020 dengan diagnosa Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) dan Sindroma Obstruksi Pascatuberkulosis, sejak 5 tahun lalu,” beber Najmul.

“Tanggal 6 April 2020, pukul 12.00 Wita, pasien dinyatakan boleh pulang, dengan theraphi O2 jangka panjang di rumah. Tanggal 7 April 2020 pukul 00.04 Wita, pasien tiba di RSUD Kota Mataram dijemput Tim PSC 119 MEMS RSUD Kota Mataram, dengan keluhan batuk dan sesak nafas. Selanjutnya, pihak RSUD Kota Mataram melakukan Rapid Test dengan hasil nonreaktif, dilanjutkan uji Swab pada hari yang sama, kemudian dikirim ke RSUD Provinsi NTB. Dari hasil pemeriksaan Swab dinyatakan dua warga KLU negatif Covid-19,” tambah Bupati KLU.

Lebih lanjut diungkapkan Najmul, untuk memutus rantai penyebaran Covid-19, petugas medis melakukan kontak tracking terhadap keluarga dan orang yang pernah kontak dengan almarhum. “Penanganan Covid-19 di Kabupaten Lombok Utara, per tanggal 8 April 2020, pukul 12.00 Wita, berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kabupaten Lombok Utara ODR sejumlah 687 orang, ODP sejumlah 148 orang, PDP sejumlah 5 pasien, dengan total sejumlah 840 orang, sedangkan Positif Covid-19 hingga saat ini tidak ada,” ujarnya.


Ia juga menghimbau kepada masyrakat untuk tidak panik dan tetap menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rumah. “Diharapkan kepada semua lapisan masyarakat Kabupaten Lombok Utara untuk tetap tenang menerapkan physical distancing (jaga jarak), hindari keramaian, beraktifitas di rumah saja, serta melakukan pola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.