Kondisi Pasutri Positif Corona Asal Lombok Timur Mulai Membaik - Kabar Bima - Portal Berita Bima Terbaru

Header Ads

Kondisi Pasutri Positif Corona Asal Lombok Timur Mulai Membaik

Mataram, KB.- Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), I Gede Putu Aryadi, menyampaikan kedua panderita corona atau Covid-19 01 dan 02 yang merupakan pasangan suami istri asal Aikmel Lombok Timur merupakan pasien pertama dan kedua yang dinyatakan Positif Corona di NTB sejak, 24 Maret dan 25 Maret 2020 lalu, belum bisa dipulangkan, lantaran masih menunggu hasil test laboratorium negatif Covid-19 sebanyak 2 kali lagi dari Litbangkes Pusat RI.

I Gede Putu Aryadi.
“Secara klinis, mereka sudah sehat, tetapi kami belum menerima hasil test laboratorium negatif Covid-19 sebanyak 2 kali dari Litbangkes Pusat RI. Sehingga masih menunggu untuk bisa dipulangkan,” kata Gede sapaan akrab Kadis Diskominfotik, Sabtu (4/4/2020).

Sisi lain, kedua pasutri tersebut sudah dirawat di RSUD Provinsi NTB sejak 17 Maret 2020. Setelah diketahui memiliki riwayat pejalananan ke daerah terjangkit Corona dalam periode 14 hari terakhir. Sehingga kemungkinan kedua penderita tertular Corona di luar NTB. “Mudah-mudahan segera ada hasil resminya,” ucapnya.

Terkait dengan kepastian bisa keluar hasil test laboratorium kedua penderita, Gede belum bisa memastikan karena harus menunggu hasil dari Balitbangkes Pusat RI. “Belum bisa dipastikan, mudah-mudahan hasilnya segera keluar dari Balitbangkes,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, ketika nanti kedua panderita sudah bisa dipulangkan dengan hasil test laboratorium negatif Corona sebanyak 2 kali yang dikeluarkan oleh Litbangkes Pusat RI, maka kedua sudah dinyatakan sembuh dan biasa bergaul seperti masyarakat biasa lagi. “Kalau sudah sembuh dan hasil lab 2 kali negatif, maka dia seperti kita ini sebagai warga masyarakat dengan tetap mengikuti petunjuk-petunjuk dan pedoman bagi keselamatan bersama,” terangnya.

Lanjut Gede, dengan belum keluarnya hasil test tersebut, kedua penderita masih menjalani perawatan di RSUD Provinsi NTB, sambil menunggu hasil test laboratoriumnya. “Ya, masih menunggu hasil resmi 2 kali negatif, untuk memastikan bahwa virus Corona benar-benar bersih dari tubuhnya,” jelasnya.

Secara terpisah, Kepala Bidang Pelayanan RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dr. Nyoman Wijaya menjelaskan, mengenai kondisi kesehatan kedua penderita 01 dan 02 yang sudah stabil. Namun masih melakukan dua kali pemeriksaan lagi yang ditunggu untuk memastikan ke dua pasien tersebut sudah sehat total dengan hasil negatif Corona atau sembuh.

Kedua pasien sudah bisa makan minum seperti biasa, karena kondisinya memang terus membaik. Namun mereka diperbolehkan pulang setelah hasil pemeriksaan swab negatif dua kali berturut-turut. “Hari ini kondisi kedua pasien stabil. Tekanan darah normal berkisar 100–110/70, suhu normal berkisar antara 36 – 36,5 derajat,” kata dr. Nyoman Wijaya. (KB-03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.